Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli dari Berlian Palsu

cara membedakan perhiasan palsu

Tips Cara Membedakan Perhiasan

Memiliki perhiasan berlian menjadi impian banyak orang. Selain untuk digunakan menunjang penampilan berlian juga dapat menjadi bentuk investasi panjang Anda karena nilai jualnya yang tinggi. Oleh karena itu tidak heran semakin banyak orang yang membeli berlian.

 

Namun jangan sampai Anda salah memilih berlian. Kalau Anda tidak jeli mungkin saja Anda membeli berlian palsu dan membiarkan uang Anda melayang sia-sia. Karena itu Anda perlu berhati-hati dan seksama dalam memilih mana perhiasan berlian asli dan yang palsu. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh berlian yang asli.

 

  1. Keras dan kokoh

Perhiasan Berlian asli memiliki tekstur yang keras dan kokoh dan termasuk sebagai logam terkeras yang ada di bumi. Oleh karena berlian tidak akan mudah pecah atau pun retak. Jika berlian yang Anda miliki retak walaupun hanya diberi benturan yang ringan maka sudah pasti perhiasan berlian tersebut palsu.

 

  1. Tidak mudah tergores

Berlian yang asli tidak mudah tergores dan dapat menggores benda-benda lainnya. Jika berlian Anda memiliki banyak goresan berarti berlian tersebut palsu. Anda juga dapat mengetes keaslian perhiasan berlian dengan menggoreskannya ke kaca. Jika berlian Anda tergores berarti berlian tersebut palsu.

 

  1. Tidak berkabut

Berlian asli tidak akan menghasilkan kabut pada saat Anda menghembuskan napas ke arah berlian tersebut. Kalau pun terbentuk kabut maka akan hilang dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan karena berlian dapat menyebarkan panas secara cepat.

 

  1. Tenggelam di air

Berlian asli memiliki tingkat kerapatan yang tinggi sehingga akan tenggelam saat dimasukkan ke dalam air. Berlian yang palsu akan melayang atau pun mengapung di dalam air. Namun ciri ini hanya dimiliki oleh berlian yang masih mentah dan belum dijadikan perhiasan.

 

  1. Tidak rusak walau dipanaskan

Berlian asli tahan terhadap panas dan tidak akan rusak atau pecah bila diberikan panas. Karena mampu menyebarkan panas dengan cepat maka berlian tidak akan terasa hangat atau panas di tangan Anda. Anda juga tidak perlu khawatir berlian akan rusak karena panas tidak mempengaruhi kondisi suatu berlian.

 

  1. Refleksi cahaya dan bayangan berwarna abu-abu

Berlian asli akan merefleksikan cahaya melalui berbagai sisinya. Refleksi cahaya ini akan membuat berlian terlihat berkilau cemerlang. Selain itu bayangan berlian juga berwarna abu-abu bukan berupa pantulan berwarna pelangi.

 

  1. Memiliki sedikit inklusi

Berlian asli yang terbentuk di alam biasanya tidak sempurna dan memiliki inklusi walau pun sangat sedikit. Inklusi ini bisa berupa serpihan benda asing atau perubahan warna. Berlian palsu tidak memiliki ini karena dibuat oleh manusia di laboratorium.

 

  1. Tidak tembus pandang

Berlian memiliki indeks bias yang besar sehingga berlian asli tidak tembus pandang. Jika Anda menaruh suatu berlian di atas benda maka Anda tidak akan dapat melihat benda tersebut dari bagian atas berlian. Kalau bisa berarti berlian tersebut palsu.

 

 

Ada berbagai macam berlian palsu atau sintesis yang seringkali sulit dibedakan secara kasat mata dari berlian, yaitu :

 

  1. Zirkonia kubik

Walau pun zirkonia kubik dan berlian sangat mirip namun keduanya bisa dibedakan dari warna kilauannya. Zirkonia kubik menghasilkan kilau warna kejinggaan dan spektrum warna yang lebih banyak dibandingkan berlian asli.

 

  1. Moisanit

Moisanit juga sulit dibedakan dari berlian asli, namun moisanit lebih berkilau dan juga menghasilkan pembiasan yang ganda. Selain itu moisanit juga menghasilkan kilauan yang warna-warni.

 

  1. Safir putih

Safir putih memiliki kejernihan yang hampir mirip dengan berlian asli, namun tidak memiliki kontras yang lebih tajam antara gelap dan terang apabila dibandingkan dengan berlian asli.

 

Dengan pertimbangan yang cermat dan teliti maka Anda dapat menghindari tertipu membeli perhiasan berlian palsu. Setelah mengetahui ciri-ciri yang dimiliki oleh berlian asli serta macam-macam berlian palsu yang beredar di pasaran maka Anda bisa membedakan mana berlian yang asli.

 

Sebagai informasi, Anda bisa mendapatkan koleksi perhiasan terbaru dan memiliki sertifikat keaslian serta terpercaya hanya di Passion Jewelry. Disini, Anda bebas menentukan sendiri perhiasan mana yang cocok untuk Anda secara online.

 

Artikel Terkait :

Harga Cincin Pernikahan Terbaru Dan Terlengkap  

5 Hal Yang Harus Dipahami Pria Sebelum Membeli Cincin Tunangan Untuk Pasangan

Yuk Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Cincin Nikah

Benarkah Cincin Tunangan Unik Sedang Digemari Oleh Generasi Millenial?

Jakarta Jewelry Store Terlengkap

Situs Beli Perhiasan Online Terpercaya

Makna Indah Cincin Kawin Yang Anda Gunakan    

 

Back to Top