Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

3 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Cincin Couple

Cincin Kawin

Ketika menjalani sebuah hubungan, cincin couple sering dianggap sebagai salah satu benda yang menjaga hubungan, bahkan sebagai simbol adanya keterikatan antara seorang pria dengan wanita, dan sebaliknya.

Bagi beberapa pasangan, adanya cincin couple juga dibuat dengan tujuan memberitahukan orang lain bahkan pasangan tersebut  sedang menjalani hubungan yang serius atau tengah melangkah menuju jenjang tersebut.

Tidak heran jika cincin couple juga kerap dikenal dengan istilah the promise ring.

 Beberapa orang berpikir bahkan cincin couple sama saja dengan cincin kawin. Namun, ada beberapa orang lain yang berpendapat bahwa cincin couple dan cincin kawin berbeda. Hal ini dikarenakan model cincin kawin biasanya lebih simpel dengan warna sederhana, sementara cincin couple memiliki bentuk, warna, kriteria, bahkan kegunaan yang berbeda-beda.

Cincin kawin sudah pasti digunakan untuk keperluan tukar cincin pada upacara pernikahan, sementara cincin couple bisa saja digunakan hanya sebagai tanda pacaran (mungkin karena kedua individu belum siap melangkah ke jenjang yang lebih serius), atau bahkan ada  yang membeli sepasang cincin yang sama hanya untuk menambah koleksi pribadi bersama pasangan.

Tidak seperti cincin kawin yang harus digunakan pada jari tangan tertentu, cincin couple bisa digunakan sesuai kesepakatan pasangan. Ada yang memilih memakainya di jari, ada yang menggunakannya sebagai hiasan kalung, bahkan ada yang tidak memakainya sama sekali, namun hanya disimpan sebagai kenangan.

Seperti jenis cincin lainnya, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli cincin couple.

Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

 

Pastikan cincin couple yang ingin kamu beli sesuai dengan budget yang tersedia

Budget merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli barang tertentu, termasuk cincin, apalagi yang dibeli bukan hanya satu, melainkan sepasang cincin, baik cincin kawin maupun cincin couple.

Pertama-tama, kamu harus tahu kegunaan sepasang cincin yang kamu beli tersebut. Jika kamu adalah orang yang menyamakan cincin couple dan cincin kawin, sehingga cincin tersebut ingin kamu pakai untuk acara pernikahan, sediakanlah budget yang cukup. Bila perlu, diskusikan kepada pasanganmu mengenai biaya yang ingin dikeluarkan untuk membeli sepasang cincin tersebut.

Kamu harus memahami dengan baik bahwa cincin bukan merupakan kebutuhan pokok.

Sama seperti jika kamu ingin membeli cincin couple untuk mengikat hubungan sebelum tunangan atau sekedar menambah koleksi pribadi bersama pasanganmu, budget juga harus menjadi pertimbangan. Belilah cincin yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jangan terlalu memaksakan. Lebih baik uangnya ditabung untuk membeli cincin kawin yang lebih bagus untuk pernikahanmu nanti.

Namun jika kamu memiliki rezeki lebih, kamu bisa lebih bebas memilih cincin couple sesuai bentuk, warna, model, hingga kriteria yang kamu dan pasanganmu impikan.

 

Pilih sepasang cincin dengan yang cocok untukmu maupun pasanganmu

Bahan juga merupakan salah satu pertimbangan yang paling penting sebelum membeli cincin. Jika kamu dan pasanganmu senang dengan kilau emas kuning yang mencolok atau emas putih yang dilapisi Rhodium, kamu bisa membelinya.

Namun, jika cincin itu akan digunakan di jari setiap hari dan ternyata kamu atau pasanganmu memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu atau pasangan beraktivitas fisik dan pilihan kamu jatuh kepada emas kuning yang notabene kilaunya cepat luntur, jangan khawatir, Passion Jewelry memberikan fasilitas free service untuk memastikan perhiasan yang kamu beli memiliki kualitas terbaik. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan apakah bahan cincin couple yang dipakai cocok untuk kulitmu dan kulit pasanganmu. Apalagi untuk cincin kawin yang notabene akan dipakai setiap hari.

Misal kamu memilih untuk membeli cincin couple berupa emas putih yang mengandung nikel. Ketahuilah, beberapa orang sensitif dengan nikel dan dapat memberikan reaksi alergi pada kulit. Jadi kamu harus hati-hati ya! Tidak ada salahnya menanyakan kandungan atau bahan yang terkandung di cincin yang ingin kamu beli saat kamu berada di toko perhiasan.

 

 

Pilih kualitas yang sesuai

Masih berhubungan dengan budget, seperti kalimat sederhana yang mungkin sering kamu dengar “Ada budget, ada kualitas.”

Kualitas yang dimaksud di sini adalah bahan penyusun cincin. Jika kamu ingin membeli cincin emas, maka cincin emas yang berkualitas tinggi adalah cincin emas yang memiliki kadar emas tinggi. Semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi pula harganya.

Membeli cincin couple dengan takaran kualitas tertentu juga perlu dipertimbangkan dengan kegunaan cincin tersebut. Jika digunakan sebagai cincin kawin yang notabene hanya ada satu cincin untuk seumur hidup, kamu bisa memilih cincin dengan kualitas yang lebih tinggi jika dibanding dengan cincin yang sekedar mengikat hubungan sebelum tunangan.

Namun bukan berarti kamu tidak diperbolehkan membeli cincin couple berkualitas tinggi untuk kamu and pacar. Tentu saja boleh asal kamu punya budget  lebih.

Kamu harus ingat untuk tidak menjadikan cincin couple sebagai sesuatu yang memberatkan. Jika masih pacaran dan belum ada budget membeli cincin couple, jangan paksakan. Jika ingin membeli sepasang cincin untuk tujuan pernikahan, belilah cincin yang sesuai dengan kualitas yang bisa dijangkau oleh budget yang kamu sediakan.

 

Nah, itu dia 3 hal yang sangat wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli cincin couple untuk berbagai keperluan, baik untuk koleksi, simbol pengikat hubungan, bahkan untuk kepentingan resepsi pernikahan. Mulai sekarang, mulailah memikirkan 3 hal di atas sebelum memutuskan cincin couple seperti apa yang ingin kamu beli atau kamu persembahkan kepada pasanganmu!


 

Back to Top