CINCIN KAWIN ">

Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Makna Indah Cincin Kawin yang Anda Gunakan

Cincin Kawin Unik

CINCIN KAWIN

Seperti yang diketahui, menggunakan cincin adalah sebuah bentuk simbolis adanya suatu ikatan sakral dalam pertunangan atau pernikahan. Tetapi, tahukah Anda bahwa cincin nikah bukan hanya sekadar simbol pernikahan, namun ada makna lain dari cincin  yang Anda gunakan tersebut. Berikut ini adalah makna dari cincin kawin yang perlu Anda ketahui.

Cincin nikah adalah sebuah cincin jari, sering terbuat dari logam, menunjukkan bahwa para pemakainya menikah. Tergantung pada budaya, cincin biasanya dipakai pada dasar kiri atau kanan jari manis. Contoh awal Pernikahan cincin yang ditemukan di Mesir kuno. Tradisi Barat cincin pernikahan dapat ditelusuri kembali ke kuno Roma dan Yunani dan diadopsi oleh Kristen di Eropa pada abad pertengahan.

Cincin pernikahan bisa datang dalam berbagai bentuk, secara tradisional terbuat dari emas atau logam berharga lainnya. Banyak orang memakai cincin  mereka siang dan malam, menyebabkan indentasi di kulit yang tetap terlihat bahkan ketika cincin yang diambil dari. Indikasi lain tentang pentingnya budaya mereka adalah bahwa cincin pernikahan antara beberapa item diijinkan untuk dipakai oleh narapidana dan pengunjung.

Makna Ikatan Cinta


Cincin adalah perhiasan yang memiliki makna kekuatan dan ikatan. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, yang dapat menggunakan perhiasan hanyalah kaum bangsawan yang memiliki kekuatan dan pengaruh yang kuat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika cincin nikah dimaknai sebagai simbol dari ikatan cinta yang kuat.
 

Simbol Saling Melengkapi
 


 

Sepasang cincin memiliki makna sebagai simbol untuk saling melengkapi. Hal ini dikarenakan kehidupan rumah tangga itu layaknya seperti roda yang berputar, kadang manis, kadang pahit. Untuk itu, Anda memerlukan satu sama lain untuk saling melengkapi dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Seperti sebuah roda, cincin sama bulatnya dan sama berputarnya. Maka, lihatlah cincin pernikahanmu saat ada masalah, ingatlah bahwa kamu dan pasangan pernah merasa bahagia saat bersama.
 

Cincin adalah Simbol Cinta Tanpa Akhir
 


 

Cincin yang berbentuk lingkaran merupakan simbol cinta tanpa akhir. Bentuknya yang melingkar menggambarkan harapan dalam kisah cinta pernikahan yang bulat sempurna dan tanpa akhir.


Itulah beberapa makna dari cincin kawin yang perlu Anda ketahui. Dikarenakan makna  yang sangat dalam ini, maka perlu bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih dan membeli cincin pernikahan untuk momen sakral Anda tersebut.

 

Banyak dari pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun menikah, semakin lama semakin malas menggunakan cincin nikah mereka dengan alasan bahwa cincin tersebut sudah tidak berkilau lagi seperti saat awal-awal mereka menikah. Dan bahkan ada yang mengatakan bahwa cincin pernikahan yang sudah tidak berkilau lagi bisa dijadikan perumpaan sebuah pernikahan yang tidak harmonis lagi. Benarkah demikian?

Tentu saja ini tidak benar! Hilangnya kemilau dari sebuah cincin  berlian sekalipun hanya diakibatkan oleh usia pakai dan kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Untuk itu, agar Anda kembali bergairah menggunakan cincin lama Anda, berikut Passion Jewelry akan membagikan beberapa cara singkat, agar cincin  Anda tetap terlihat berkilau meski sudah dikenakan selama bertahun-tahun, diantaranya adalah:

 

Rutin melepasnya pada saat melakukan kegiatan kasar

Faktor pertama yang membuat cincin kehilangan kemilaunya adalah karena tetap digunakan meskipun saat melakukan kegiatan kasar sekalipun. Jadi cobalah untuk melepas sejenak cincin tersebut dan meletakkan di tempat yang aman, saat Anda sedang melakukan aktifitas fisik yang berat. Karena seperti yang kita ketahui, berbagai macam aktifitas kasar bisa membuat cincin  Anda tergores dan perlahan kehilangan kemilaunya.

 

Melakukan perawatan ringan disaat waktu senggang

Daripada Anda hanya mengeluh tentang cincin  yang sudah mulai memudar, maka sangat disarankan kepada Anda untuk meluangkan waktu senggang Anda sebentar untuk melakukan perawatan ringan terhadap cincin yang dimiliki. Perawatan di saat senggang ini bertujuan untuk membersihkan debu ataupun kotoran ringan yang ada di cincin.

 

Rutin melakukan perawatan khusus setiap tahunnya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda tak hanya perlu melakukan perawatan harian, tetapi juga perawatan secara khusus yang dilakukan oleh profesional atau ahli  setiap tahunnya. Karena pada dasarnya, setiap cincin  yang digunakan secara terus menerus selama setahun lebih maka akan menimbulkan banyak kotoran di tempat yang sulit dijangkau dan harus menggunakan alat-alat khusus. 

 

Memperhatikan tempat dimana Anda meletakkan cincin

Cincin kawin memang tidak selalu dikenakan, contohnya saat mandi. Anda tentu harus melepasnya bukan?

Untuk itu, perhatikan juga dimana Anda harus meletakkan cincin ketika sedang tidak dikenakan. Pastikan tempat tersebut bebas dari debu, dan tidak berada di suhu panas tertentu ataupun terlalu dingin, seperti misalnya didekat kompor ataupun dibawah AC. Selalu pastikan Anda tidak meletakkan cincin di tempat yang jorok ataupun lembab.

Dalam upacara pernikahan, terdapat sebuah prosesi yang tidak boleh terlewatkan, yakni pertukaran cincin. Cincin tersebut biasanya disematkan oleh suami kepada istri di jari manis, begitu juga sebaliknya. Sedangkan, untuk pemakaiannya di tangan sebelah mana, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengenakannya di jari manis tangan kiri. Hal ini dikarenakan orang lebih sering menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas dibanding tangan kiri.

Namun, pemakaian cincin nikah ini tentunya tergantung pada preferensi personal Anda, tetapi mengenakannya sesuai tradisi adalah salah satu cara yang unik dalam melambangkan hubungan yang telah terikat dengan komitmen

 

Tips Memilih Cincin Pernikahan Anda

 

Sudah menjadi kebiasaan di seluruh dunia bagi pasangan suami istri untuk mengenakan cincin nikah sebagai simbol cinta mereka satu sama lain. Berikut adalah sepuluh tips  dari kami tentang bagaimana dan kapan memilih cincin pernikahan yang akan Anda kenakan selamanya.

 

Budget

Saat menetapkan keseluruhan anggaran pernikahan Anda, pastikan untuk menyertakan biaya pembelian cincin. Melihat keadaan dimana Anda akan mengenakan cincin Anda selamanya, maka alangkah baiknya menghabiskan sedikit lebih banyak pengeluaran Anda untuk cincin nikah yang tidak biasa dibandingkan dengan perhiasan yang biasanya Anda beli.

 

Pergi Berbelanja Bersama Pasangan

Selama perencanaan pernikahan Anda, beberapa keputusan mungkin tidak dilakukan sebagai pasangan, tetapi pilihlah bersama pasangan Anda. Dedikasikan akhir pekan atau dua hari untuk berbelanja mencoba mengunjungi lebih dari satu toko perhiasan sehingga Anda dapat melihat berbagai gaya dan variasi sebelum membuat keputusan akhir. Hal ini dikarenakan merupakan hal yang biasa bagi pengantin wanita untuk membeli cincin nikah pengantin pria dan sebaliknya. Jadi, buatlah perjalanan berbelanja cincin impian Anda sesantai mungkin.

 
Pilih dari Rumah

Ada beberapa perusahaan yang lebih memilih menyediakan pilihan cincin nikah secara online. Jika Anda lebih suka pilihan berbelanja secara online ini, maka pilihlah tanggal dan waktu yang cocok untuk Anda berdua sebagai pasangan sehingga dapat memilih cincin pernikahan yang pas untuk kalian berdua. Pilihan berbelanja secara online ini adalah pilihan yang tepat jika Anda tidak suka berbelanja secara konvensional, yang harus membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu. Selain itu, pilihan berbelanja secara online ini akan membuat Anda lebih mencurahkan perhatian penuh dalam memilih dan Anda pun tidak perlu merasakan gangguan dari pendapat atau tawaran pilihan harga cincin pernikahan orang lain.

 
Pertimbangkan Bentuk dan Ukuran

Cincin pernikahan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda. Bagi pengantin laki-laki, logam dan gaya yang berbeda mungkin merupakan faktor. Sedangkan, untuk mempelai wanita, pertimbangan cermat perlu dilakukan, terutama jika Anda memiliki cincin pertunangan yang berbentuk jarang. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menanyakan pada toko perhiasan terlebih dahulu, karena mereka dapat membantu, membimbing dan memberi saran tentang logam dan gaya apa yang terbaik bila menyangkut cincin nikah Anda. Untuk mempelai pria yang tidak terbiasa memakai cincin atau tidak pernah memakai cincin di masa lalu, mungkin itu adalah saatnya untuk membuat cetakan lilin yang dibuat untuk dipakai selama beberapa minggu. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada pengantin pria tentang cincin berbentuk apa yang disukainya dan seberapa nyaman cincin itu terasa.

 

Pilihlah Bahan Metal yang Tepat

Bertahun-tahun yang lalu cincin dibeli dengan gaya emas klasik, namun saat ini bisa dirancang dengan berbagai bahan berbeda. Bagi pengantin wanita, biasanya memilih logam untuk mencocokkan cincin pertunangan Anda karena akan terlihat cantik dalam foto. Sedangkan untuk pengantin pria, sesuatu yang bergaya dan kokoh bisa menjadi pilihan yang baik. Pilihan material yang meliputi emas, emas putih, emas mawar, perak, platina, paladium, titanium, dan zirkonium. Untuk harga sendiri akan bervariasi tergantung pada gaya dan berat logam yang Anda pilih, jadi pertimbangkan hal ini saat membahas anggaran awal Anda.

 

Kenyamanan Adalah Kunci

Toko perhiasan atau Jewelry Store Anda akan memiliki panduan ukuran cincin khusus sehingga Anda dapat mengukur ukuran cincin pernikahan Anda dengan tepat. Ukuran jari Anda mungkin berubah selama bertahun-tahun, namun memiliki cincin nikah Anda yang dapat diatur ulang ukurannya merupakan pilihan di masa depan.

 

Belanja Cincin Anda Sejak Dini

Beberapa cincin perlu dipesan atau dibuat lebih dahulu. Untuk itu, rencanakanlah untuk berbelanja cincin pernikahan Anda sekitar 6 bulan sebelum hari besar Anda, hanya untuk memastikan Anda memiliki cukup waktu sebelum menjelang pernikahan Anda.

 

 

Jangan Lupakan Asuransi Pernikahan

Sebelum menghabiskan uang untuk pernikahan Anda, termasuk cincin perkawinan Anda, pertimbangkan untuk membeli asuransi pernikahan. Hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau ada yang tidak beres. Namun, setelah Anda menikah, sebaiknya Anda menyertakan cincin pertunangan pengantin wanita dan kedua cincin pernikahan Anda di asuransi rumah tangga Anda, hanya untuk melindungi Anda jika cincin dicuri atau hilang di masa depan.

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Passion Jewelry hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda akan cincin untuk momen pernikahan dan pertunangan Anda tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh cincin kawin unik dari Passion Jewelry yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih dan membeli cincin pernikahan Anda.

 

Diamond Wedding Ring CKS0233
Diamond Wedding Ring CKS0255

 

Diamond Wedding Ring CKS0252

 

IDR 7.567.000

Descriptions & Detail

Abadikan momen pernikahan Anda dengan pasangan jadi lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.095 TCW F/VVS

IDR 7.413.000

Descriptions & Detail

Abadikan momen pernikahan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian yang memiliki makna ikatan abadi dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0940 TCW F/VVS

IDR 6.000.000

Descriptions & Detail

Abadikan momen pernikahan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian yang memiliki makna ikatan abadi dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.048CT TCW F/VV

Diamond Wedding Ring CKS0146

 

Diamond Wedding Ring WM02921
Diamond Wedding Ring CKS0200

IDR 3.044.000

Descriptions & Detail

Jadikan setiap momen pernikahan atau tunangan Anda lebih tak terlupakan dengan cincin berlian dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0140 TCW F/VVS

IDR 8.988.000

Descriptions & Detail

Abadikan momen pernikahan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian yang memiliki makna ikatan abadi dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.046ct TCW F/VVS

IDR 3.927.000

Descriptions & Detail

Jadikan setiap momen berharga pernikahan atau tunangan anda lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0110 TCW F/VVS

Diamond Wedding Ring CKS0089
Diamond Wedding Ring CKS0219
Diamond Wedding Ring CKS0106

IDR 3.486.000

Descriptions & Detail

Abadikan setiap momen pernikahan atau pertunangan anda jadi lebih berkesan dengan cincin berlian ini.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0270 TCW F/VVS

IDR 19.999.000

Descriptions & Detail

Abadikan momen pernikahan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian yang memiliki makna ikatan abadi dari Passion Jewelry.

Harga diatas sudah termasuk cincin untuk pria dan wanita,

Ukuran cincin pria 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20

 

Ukuran cincin wanita 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14

 

Specification

Diamond 1 = 0.2060 TCW F/VVS

IDR 6.758.000

Descriptions & Detail

Jadikan setiap momen berharga pernikahan atau tunangan anda lebih berkesan dan tak terlupakan dengan cincin berlian dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 3 = 0.0340 TCW F/VV

Diamond Wedding Ring CKS0255

 

Diamond Wedding Ring CKS0122

 

Diamond Wedding Ring CWF0130

Combination - 75% - 4.88gr

 

Ring size:

Cincin wanita = 8 – 32

Cincin pria = 8 – 32

Combination - 75% - 2.18gr

 

Ring size:

Cincin wanita = 8 – 32

Cincin pria = 8 – 32

White Gold - 75% - 10.61gr

 

Ring size:

Cincin wanita = 8 – 32

Cincin pria = 8 – 32

IDR 7.413.000

IDR 2.802.000

IDR 24.508.000

Cincin yang satu ini memiliki desain yang simpel nan elegan dengan kombinasi warna antara emas putih dengan rose gold yang dilengkapi dengan sebutir berlian di bagian tengahnya sehingga sangat cocok untuk momen pernikahan Anda yang tak terlupakan.

 

Cincin yang satu ini memiliki desain yang simpel nan feminin dengan desain hati yang dilengkapi dengan sebutir berlian di bagian tengahnya sehingga sangat cocok untuk momen pernikahan Anda yang tak terlupakan.

 

Cincin yang satu ini memiliki desain yang sangat unik dengan tanda salib di bagian tengahnya dan dilengkapi dengan butiran-butiran berlian yang mengelilinginya sehingga sangat cocok untuk membuat momen pernikahan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan.

Diamond 1 = 0.0940 TCW F/VVS

 

Diamond 1 = 0.0180 TCW F/VVS

 

Diamond 10 = 0.397CT TCW F/VV

Diamond Wedding Ring CKS0219
Diamond Wedding Ring JC0027A

Combination - 75% - 5.25gr

 

Ukuran cincin pria 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20

Ukuran cincin wanita 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14

Rose Gold - 75% - 2.60gr

 

Ring size:

Cincin wanita = 8 – 32

Cincin pria = 8 – 32

 

IDR 19.999.000

IDR 6.462.000

 

Cincin Pernikahan yang satu ini memiliki desain yang unik dimana berlian yang terletak di tengah cincin tersebut dilindungi oleh dinding yang berbentuk berlian juga. Jadi, terlihat seperti melindungi berlian yang terletak di tengahnya.

 

 

Cincin yang satu ini memiliki warna yang fancy dari rose gold ditambah dengan tampilan butiran-butiranberlian sebanyak 23 di tengahnya sehingga sangat cocok untuk melengkapi momen pernikahan Anda yang tidak terlupakan.

Diamond 1 = 0.2060 TCW F/VVS

 

Diamond 23 = 0.056ct TCW F/VVS

 

 

Informasi lengkap mengenai model dan harga cincin silahkan kunjungi link dibawah ini:

https://www.passionjewelry.co.id/product-list/category-wedding/cincin-nikah

 

Artikel Terkait Lainnya : 

Mengetahui Kualitas Perhiasan Berlian Melalui 4C

Cara Membedakan Karat Emas Dan Berlian

Mengetahui Kadar Kemurnian Emas Cincin Kawin Dan Cara Mengujinya

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

 

 

Back to Top