Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Cara Membedakan Karat Emas Dan Berlian

penggabungan emas dan berlian menjadi perhiasan

Emas VS Berlian

Perhiasan tak hanya digunakan sebagai aksesoris saja. tetapi juga bisa digunakan untuk investasi. Perhiasan terbuat dari berbagai macam jenis bahan. Ada yang terbuat dari bahan emas ataupun berlian. Banyak orang yang sulit membedakan emas dan berlian, ketika sudah menjadi bentuk perhiasan. Apalagi emas, ada yang jenisnya emas putih dan berbentuk hampir mirip dengan berlian. Tapi pada kesempatan kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai ukuran dari emas dan berlian atau yang biasa disebut dengan karat. Inilah cara membedakan karat emas dan berlian yang benar.

 

Karat Emas

Karat emas merupakan perhitungan yang digunakan untuk nilai kemurnian kandungan logam emas. Emas memiliki simbol kimia Au. Emas yang memiliki karat 24, berarti dia termasuk emas murni. Belum memiliki campuran logam apapun. Emas termasuk logam yang lunak, mudah terkikis dan dibengkokan. Oleh karena itu emas harus ditambahkan logam lainnya supaya lebih keras dan bisa dibuat menjadi perhiasan. Orang zaman dulu mencoba untuk menggigit emas, untuk membuktikan kemurniannya. Jika terdapat sedikit bekas, berarti emas tersebut emas murni. Jadi hitunganya kalau emas murni memiliki 24 karat. Sedangkan emas 22 karat memiliki perhitungan (22/24) X 100% = 91,6 Au.

 

Cara membedakan karat emas dan berlian ini juga bisa membantu menghitung harga. Biasanya emas yang dicampur dengan tembaga memiliki warna agak kuning kemerahan. Emas 22 karat biasanya dicampur dengan perak, supaya terlihat lebih mahal dan mewah. Untuk perhiasan paling banyak menggunakan emas 18 karat. Jenis emas ini yang paling kuat digabungkan dengan berlian dan tidak akan mudah lepas. Rose gold merupakan emas yang terbuat dari campuran 25% tembaga dan 75% emas. Harga emas lebih mahal dibandingkan harga tembaga atau perak. Oleh karena itu jika kadar emasnya lebih tinggi maka harga perhiasan tersebut akan lebih mahal.

 

Karat Berlian

Lalu bagaimana cara menghitung karat berlian. Kalau pada emas, karat digunakan untuk menghitung kemurniannya. Di berlian merupakan ukuran berat batu berlian tersebut. Satu karat biasanya sama dengan 0.2 gram. Satu carat setara dengan 100 point. Berlian yang ukurannya sangat besar, sangat sulit ditemukan di alam. misalnya satu batu berlian yang memiliki ukuran 1.00 carat harganya lebih mahal dibandingkan 2 batu berlian yang ukurannya 0.50 carat. Untuk hitungan carat dari dua atau lebih batu berlian, dihitung berdasarkan totalnya. Jadi misal ada 4 berlian di dalam satu buah cincin, maka total caratnya dihitung dari 4 berlian tersebut.

 

Diatas kita bisa tahu perbedaan karat emas dan berlian. Saat ini juga banyak emas yang digabungkan dengan berlian. Sehingga menghasilkan perhiasan emas berlian yang berkualitas dan indah. Harganya juga lebih mahal dibandingkan emas saja atau berlian saja. apalagi karat emas dan berliannya tinggi.

Demikianlah  cara membedakan karat emas dan berlian yang benar. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Passion Jewelry, untuk mendapatkan perhiasan berlian asli dengan kualitas terbaik dan berbagai macam perhiasan emas yang bisa dijadikan cincin kawin, ataupun cincin tunangan unik bagi Anda dan pasangan. 


Artikel Terkait : 

Harga Cincin Pernikahan Terbaru Dan Terlengkap

Makna Indah Cincin Kawin Yang Anda Gunakan  

5 Hal Yang Harus Dipahami Pria Sebelum Membeli Cincin Tunangan Untuk Pasangan

Situs Beli Perhiasan Online Terpercaya

Yuk Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Cincin Nikah  

Jakarta Jewelry Store Terlengkap

Benarkah Cincin Tunangan Unik Sedang Digemari Oleh Generasi Millenial?

Back to Top