Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Perlu kah Cincin Tunangan?

Perlu kah Cincin Tunangan?

Saat ini sudah tidak asing kita melihat orang orang memakai cincin jika telah bertunangan. Budaya tersebut sebenarnya berasal dari kebudayaan Romawi, yang pada umumnya dilakukan oleh kaum bangsawan atau keluarga kerajaan. Pada jaman dahulu saat anggota keluarga kerajaan Romawi bertunangan diadakan pemberian cincin. Pemberian cincin diartikan bahwa pasangan tersebut akan menikah suatu hari nanti, dan cincin tunangan sebagai pengikat janji nya. Itulah asal mulanya pemberian cincin tunangan, dan banyak diterapkan hingga saat ini. 

Baca Juga: Cincin Kawin

Wajibkah pemberian cincin saat tunangan? Sebenarnya tidak ada aturan yang mewajibkan pemberian cincin saat tunangan. Namun banyak orang merasa kurang lengkap jika saat bertunangan tidak ada pemberian cincin. Karena kebanyakan pasangan melakukannya, seolah olah hal tersebut menjadi suatu kewajiban. Dibalik harus atau tidaknya, cincin tunangan sebenarnya memiliki beberapa kegunaan seperti berikut ini.

 

  1. Tanda Pemberi Kepastian

Setiap pasangan pastinya mengharapkan suatu kepastian. Walaupun jika sudah bertunangan tidak ada jaminan bahwa pasangan tersebut akan menikah, paling tidak dengan adanya pemberian cincin tunangan dapat memberikan rasa pasti kepada kedua belah pihak. Cincin tunangan melambangkan adanya harapan bahwa cinta kedua belah pihak yang bertunangan akan berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi yakni perkawinan. 

 

  1. Sebagai Pengawas dan Pengingat

Biasanya godaan atau ujian terhadap kesetiaan masing-masing pasang sering datang saat setelah bertunangan. Oleh karena itu tak jarang kita lihat kejadian pasang yang sudah bertunangan akhirnya berpisah dan tak jadi menikah. Cincin tunangan berguna sebagai pengingat dan pengawas terhadap kedua pihak yang bertunangan agar tetap setia dengan janjinya, dan tidak tergoda oleh pihak lainnya. 

 

  1. Tanda Peringatan Bagi Pihak Lain

Cincin tunangan juga berguna sebagai peringatan kepada orang lain, bahwa seseorang tersebut sudah memiliki tunangan sehingga sebaiknya tidak diganggu lagi. Orang-orang yang mengerti tentang norma akan langsung paham dengan hal tersebut. Kita kan tidak pernah tahu bagaimana ketertarikan orang lain terhadap kita. Jika mereka melihat cincin tunangan yang kita kenakan, mungkin mereka tidak akan mengganggu hubungan yang sedang kita jalin bersama pasangan kita. itu lah beberapa kegunaan dari cincin tunangan

Simak Juga: Harga Cincin Tunangan

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top