Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Kenali Apa itu Cincin Tunangan dan Kegunaannya

Cincin Tunangan

Daftar Isi

Fakta-Fakta Cincin Tunangan di Kehidupan Seseorang

4 Jenis Permata yang Digunakan serta Maknanya

3 Contoh Desain Unik pada Cincin Tunangan

Cara Merawat Cincin Tunangan Anda

Jadikan Cincin Tunangan menjadi Kejutan Bagi Pasanganmu

Budget yang Dibutuhkan untuk Membeli Cincin Tunangan

Hal-Hal Penting dalam Menentukan Cincin Tunangan Pilihan

Peran Cincin Pertunangan pada Akad Nikah

 

Cincin tunangan merupakan salah satu tipe cincin yang menandakan seseorang terutama budaya orang barat sudah bertunangan dan memiliki niat untuk menikah di masa yang akan datang. Di kehidupan seseorang yang sudah mendapatkan kekasih, hal yang akan kamu lakukan pada saat melamar, cincin tunangalah yang akan menjadi hadiah terbesar bagi pasanganmu.

Fakta-Fakta Cincin Tunangan di Kehidupan Seseorang

Ada banyak fakta menarik dibalik cincin ini yang belum diketahui orang. Bahkan bagi para Passioners yang masih lajang pun mungkin belum mengetahui terkait beberapa fakta unik tentang itu sendiri bukan? Jika Passioners merasa penasaran dan ingin tahu apa saja fakta dibalik tersebut, maka pastikanlah untuk menyimak uraian penjelasan berikut ini

1. Cincinnya terletak di jari manis dan tangan kiri

Banyak orang yang bertanya mengenai aturan tersebut, namun tahukah Anda bahwa hal tersebut berkaitan dengan keberadaan dari pembuluh vena atau lebih tepatnya vena amoris yang langsung terhubung ke bagian jantung. 

2. Bahan utamanya adalah emas dan platinum

Dibandingkan dengan bahan dari jenis logam mulia lainnya. Emas serta platinum menjadi dua bahan utama yang banyak digunakan orang dalam membuat cincin pertunangan. Apalagi bahan platinum yang tengah digemari beberapa waktu ini. Hal ini tidak lepas dari keberadaan bahan tersebut yang hypoallergenic sehingga banyak diminati meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga emas.

3. Maknanya sangat berbeda dengan cincin kawin

Jika cincin kawin digunakan untuk mengikat janji agar hidup bersama selamanya, sebaliknya salah satu benda mewah ini justru digunakan untuk mengikat pasangan antara satu dengan lainnya agar selalu bersama hingga hari pernikahan tiba. 

4. Harganya tidak beda jauh dengan cincin kawin

Kebanyakan pria menyisihkan uang dari gaji yang dimilikinya selama 2 hingga 3 bulan untuk membeli cincin terbaik bagi pertunangannya. Hal ini dikarenakan pria ingin menunjukkan keseriusannya melalui pertunangan yang dilakukannya. 

5. Tradisinya sudah ada sejak zaman dahulu

Lebih tepatnya dari Zaman Mesir dan Yunani Kuno yang mana pertunangan tersebut dilakukan dengan tradisi tukar cincin. Hanya saja cincin yang digunakan oleh rakyat biasa berbeda dengan cincin yang digunakan oleh keluarga kerajaan atau bangsawan.

Jika keluarga kerajaan serta bangsawan menggunakan cincin dengan bahan bebatuan berharga yang memiliki warna indah, maka rakyat biasa hanya menggunakan cincin dalam bentuk emas serta besi. 

4 Jenis Permata yang Digunakan Serta Maknanya

cincin pertunangan pun kerap dihiasi batu berharga. Berikut adalah 4 permata cantik sarat makna yang bisa Passioners pertimbangkan untuk pertunangan:

1. Berlian

Batu yang dalam bahasa Inggris disebut diamond ini paling sering dipakai untuk cincin pertunangan dan perkawinan. Sebagai materi paling keras di muka bumi, berlian dapat bertahan hingga ratusan tahun lamanya. Tidak heran cincin berlian menjadi simbol cinta abadi walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan cincin lainnya. 

Perhiasan berlian juga memiliki beberapa makna lain. Contohnya keberanian, kasih, dan kemurnian. Semuanya baik untuk pertunangan Anda. Di negara Barat, permata yang indah ini juga menjadi simbol untuk pesta pernikahan ke-60 tahun.

Passion Jewelry menyediakan cincin tunangan dengan berbagai macam berlian (Rounded, Princess, Ashoka dll) dengan spesifikasi tinggi dari F/VVS hingga D/IF (Passion Perfect)

2. Safir

Safir atau sapphire dalam bahasa Inggris merupakan batu permata yang umumnya berwarna biru. Sapphire merupakan permata paling keras nomor dua setelah diamond.

Warna biru safir yang memukau menjadi penanda kejujuran dan kemurnian, yang tentunya diharapkan setiap mempelai dari pernikahannya. Safir juga dianggap memiliki kemampuan untuk melindungi pemakainya dari energi negatif.

3. Rubi

Walaupun tidak sekeras diamond, rubi atau ruby termasuk salah satu permata paling keras. Penampilannya pun cantik dengan ragam warna merah, mulai dari merah membara sampai merah muda. Warna merah rubi membuatnya menjadi lambang cinta dan gairah. Rubi juga dianggap sebagai lambang kesehatan jasmani dan rohani.

4. Zamrud

Zamrud atau emerald juga merupakan salah satu permata yang paling berharga. Batu permata ini memiliki berbagai arti, seperti kesetiaan, kemampuan menyembuhkan, dan energi positif. Selain untuk pernikahan, emerald memang sering digunakan untuk penyembuhan spiritual.

Batu zamrud yang memiliki kualitas tinggi memiliki warna hijau terang. Warna yang cantik ini membuat zamrud bisa menjadi pilihan yang cocok.

3 Contoh Desain Unik pada Cincin Tunangan

Sudah mulai banyak bermunculan desain-desain yang unik dan disukai banyak orang. Bahkan banyak yang didesain dengan unik serta simple, namun tampil elegan dan mewah. Beberapa desain yang dimaksud, yaitu:

1. Monique Pean Atelier dengan Interlocking

Dengan desain unik yang pertama adalah cincin Monique Pean Atelier dengan Interlocking. Cincin ini sangat unik karena menggunakan metode daur ulang dalam pembuatannya. Meskipun terdengar tak menarik dan keren, namun jangan salah. Sebab cincin ini terlihat sangat mewah.

Terutama dengan penambahan platina pada tepi cincin yang ditujukan sebagai hiasan. Tentunya hal ini akan membuat cincin tampak sangat menarik.

2. Anna Sheffield Hazeline Solitaire

Cincin ini terlihat agak sentimentil. Hal ini dikarenakan adanya sentuhan klasik yang tampak lebih banyak. Cincin yang biasanya juga digunakan sebagai cincin kawin ini, tampak sangat menawan dengan mata berlian besar beserta ukiran-ukiran unik yang ada di sisinya.

3. Solange Azagury – Partridge Offering

Cincin Solange Azagury – Partridge Offering memiliki bentuk dan tampilan yang sangat unik. Sehingga bukan hal aneh bila selain sebagai cincin pertunangan, cincin ini juga dikenal sebagai cincin kawin unik.

Hal ini tak lepas dari warna hitam cincin. Selain itu, cincin ini juga dipadukan dengan berlian dalam ukuran yang cukup besar, beserta hiasan yang seolah membuat berlian disangga oleh dua tangan. Satu tangan dari sisi kiri dan satu lagi dari sesi lainnya.

Bahkan cincin ini juga bisa diukir nama di dalamnya. Hal ini tentu membuat Solange Azagury – Partridge Offering menjadi salah satu perhiasan berlian untuk acara tunangan maupun pernikahan terbaik.

Cara Merawat Cincin Tunangan Anda

Cincin pertunangan merupakan benda yang berharga. Bukan karena harganya saja tetapi juga makna yang terdapat di dalamnya. Karena itulah cincin harus Passioners rawat dengan baik. Berikut adalah cara-cara yang bisa Passioners lakukan untuk merawat cincin Anda.

Asuransikan Cincin Anda

Idealnya cincin bisa  disimpan seumur hidup. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segera mengasuransikan cincin sebelum ada kejadian yang tidak diinginkan.

Memang tidak ada orang yang ingin cincinnya dicuri, hilang, atau rusak. Namun, tidak ada salahnya mencegah sebelum terjadi masalah bukan? Setidaknya Anda akan memiliki jaminan keuangan.

Bersihkan Cincin Secara Teratur

Banyak yang memperingati pernikahan dan pertunangan dengan cincin kawin unik karena kedua momen tersebut adalah momen yang istimewa. Agar keindahan cincin tetap terjaga, Anda harus membersihkannya secara teratur. Hal ini supaya cincin terbebas dari minyak dan kotoran yang akan membuat cincin tidak lagi mengkilap. di Passion Jewelry, anda akan mendapatkan Lifetime Guaranteed mulai dari Free Cleaning dan Chroming.

Passioners dapat menggunakan cairan pembersih perhiasan. Namun Anda juga bisa merendam cincin dalam air hangat yang sudah dicampur sabun cuci. Gosok permukaan cincin dengan sikat gigi yang lembut. Setelah itu, keringkan cincin. 

Jauhkan Cincin dari Air dan Zat Kimia

Disarankan untuk tidak menggunakan cincin saat mandi atau berenang. Jika kita berlama-lama dalam air dingin, ukuran jari dapat menyusut sementara sehingga cincin lebih mudah lepas.

Sebaiknya Passioners juga melepas cincin saat mencuci piring, membersihkan kamar mandi, atau menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat kimia. Zat kimia dapat mengikis permukaan logam.

Simpan Cincin Anda Baik-baik

Jika Passioners perlu melepas cincin, simpanlah baik-baik di tempat yang kering dan aman. Jangan menyimpannya di lokasi yang mudah ditemukan orang.

Selain itu, cincin berlian harus disimpan secara terpisah. Sebagai permata paling keras, berlian dapat menggores perhiasan lainnya. Simpan perhiasan berlian Passioners dalam wadah yang terbuat dari kain yang lembut.

Jadikan Cincin Tunangan menjadi Kejutan Bagi Pasanganmu

Tidak seperti cincin nikah yang direncanakan oleh kedua pihak, baik si pria maupun wanita, beberapa pria memberikan surprise perhiasan ini ketika melamar wanita. Sebaiknya berupa kejutan atau membiarkan si wanita memilih sendiri cincin mereka?

Bagi wanita yang menyukai hal-hal berupa kejutan atau sesuatu yang tidak terduga, memang cara surprise akan lebih menimbulkan kesan karena tidak dipikirkan sebelumnya oleh si wanita.

Wanita tersebut juga bisa menilai sejauh mana si pria tersebut mengenal dirinya, dengan cara tahu ukuran cincin mereka, tahu desain apa yang mereka inginkan, dan sebagainya. Jika cocok, mereka akan menganggap bahwa si pria ini perhatian pada mereka. Namun jika cincin tersebut tidak sesuai ekspektasi mereka? Maka pasti ada sedikit perasaan kecewa di hati mereka.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih kejutan atau membiarkan si wanita memilih sendiri barangnya.

Ketahuilah ukuran jari pasanganmu

Meskipun diluar sana banyak perusahaan cincin yang menawarkan resize jika ternyata ukurannya tidak sesuai, sebelum membelikan cincin pertunangan hendaknya Passioners mengetahui ukuran jari si wanita. Passioners bisa menanyakan secara langsung, meminjam cincin untuk mengetahui diameternya, ataupun menanyakan kepada temannya.

Mengetahui selera yang disuka

Jika ingin memberikan kejutan, tentu saja Passioners berharap kejutan itu disukai dan sesuai selera. Anda dapat mengetahui kesukaan si wanita dengan cara bertanya kepada teman dekat mereka mengenai brand, material, atau jenis desain apa yang disukai si wanita.

Mencari toko perhiasan berlian yang sesuai

Yang terakhir, Anda perlu mencari toko perhiasan yang sesuai. Karena ini untuk acara yang Anda harapkan satu kali seumur hidup, Anda tentunya berharap cincin yang akan Anda hadiahkan juga sama spesialnya.

Jika si wanita memiliki toko atau brand perhiasan yang jadi langganannya, ini akan lebih mudah. Anda bisa mendatangi toko tersebut dan menanyakan perhiasan jenis apa yang biasa dibelinya. Memilih toko perhiasan yang memiliki reputasi baik adalah keharusan. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan garansi sebagai jaminan dan juga ketersediaan resize jika ternyata yang Anda beli ukurannya tidak sesuai.

Budget yang Dibutuhkan untuk Membeli Cincin Tunangan

Untuk harga cincin tunangan itu sendiri, banyak varian biaya yang kamu bisa beli dengan range harga dari Rp 300.000 dengan logam perak dan bisa sampai ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah. Di Passion Jewelry sendiri, Passioners bisa membeli cincin tunangan dengan batu berlian dan 18 karat emas dimulai dari harga Rp 1.499.000, dengan. Berikut daftar harga cincin tunangan yang mungkin bisa menjadi hadiah spesial bagi tunanganmu.

Diamond Ladies Ring CWS0283

Diamond Ladies Ring CWS0072

IDR 3,692,000

Descriptions & Detail

Abadikan selalu moment kebersamaan anda jadi lebih berkesan dengan cincin berlian dari Passion Jewelry.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0350 TCW F/VS

IDR 5,328,000

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0770 TCW F/VVS

 

Specification

Diamond 1 = 0.0770 TCW F/VVS

Diamond Ladies Ring CWS0190

Diamond Ladies Ring CWS0188

IDR 5,000,000

Descriptions & Detail

Cincin solitaire yang memiliki makna ikatan cinta abadi ini sangat cocok untuk pemberian atau tanda cinta untuk orang yang spesial untuk Anda.

 

Specification

Diamond 1 = 0.0700 TCW F/VVS

IDR 5,999,000

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0760 TCW F/VVS

 

Specification

Diamond 1 = 0.0760 TCW F/VVS

SOLITAIRE Diamond Ladies Ring CWS0031

Diamond Ladies Ring CWS0187

IDR 8,582,400

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0900 TCW F/VVS

 

Specification

Diamond 1 = 0.1600 TCW F/VVS

IDR 5,272,800

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0750 TCW F/VVS

 

Specification

Diamond 1 = 0.0830 TCW F/VVS

dan masih banyak lagi, Passioners bisa cek katalog Diamond Ring Jewelry kami disini

Hal-Hal Penting dalam Menentukan Cincin Tunangan Pilihan

Cincin pertunangan adalah sebuah hal yang diperlukan sebagai salah satu janji dalam mengikat 2 orang yang akan menikah. Untuk menentukan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membelikan barang mewah ini yang menjadi bahan surprise untuk pasangan Anda.

Ukuran cincin 

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda akan menggelar lamaran atau memberikan surprise pertunangan adalah mengenai ukuran cincin yang akan Passioners beli. Karena setiap wanita memiliki ukuran jari di tangan yang berbeda-beda.

Akan tetapi, jika Passioners akan memberikan cincin ini sebagai surprise, maka Anda bisa menggunakan 2 cara berikut ini untuk mengetahui ukuran cincin pasangan Anda. 

Pinjam cincin yang digunakannya

Jika kekasih Passioners menggunakan cincinnya, pinjamlah cincin tersebut. Ukur pada jari Passioners atau bisa mempersiapkan cincinnya tdahulu kemudian mencoba memasangkannya pada jari kekasih Anda. 

Minta bantuan temannya 

Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa meminta bantuan teman calon pasangan Anda untuk mengambil salah satu cincin yang digunakan sebagai ukuran untuk membeli cincin pertunangan Anda.

Gaya hidup tunangan Anda 

Selain mengukur dari cincinmu, memastikan gaya hidup yang dimiliki oleh kekasih Passioners masuk dengan desain dan model cincin yang akan Anda gunakan juga sangat penting. Perhatikan juga dressing yang sering digunakannya setiap hari dan juga ketahui kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Hal ini sangat penting karena cincin pertunangan adalah salah satu perhiasan yang akan digunakan sehari-hari. Jadi, pastikan memiliki model yang sesuai dengan gaya hidup dari kekasih kamu.

Budget pembelian

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika memilih cincin pertunangan adalah mengenai budget Anda. Harga dari cincin untuk pertunangan sangat beragam, tergantung dengan besar permata yang dimilikinya, karat, dan gram emas yang digunakan untuk bahan metal cincin tersebut.

Untuk Anda yang ingin membelinya, pastikan dahulu budget yang Anda miliki, sehingga lebih mudah untuk memilih model cincin yang sesuai dengan budget Anda. 

Demikian hal-hal yang perlu para Passioners ingatkan ketika membeli hadiah cincin tunangan untuk kekasih. Bagi Para Passioners yang ingin mendapatkannya sesuai dengan gaya hidup tunangan Anda, passioners dapat mempertimbangkan untuk memperolehnya melalui Passion Jewelry.

Hal ini dikarenakan Passion Jewelry sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Sebagai sebuah butik perhiasan ternama, tentunya Passion Jewelry menyediakan berbagai koleksi perhiasan yang bisa Anda lihat di gallery Boutique Passion Jewelry.

Peran Cincin Pertunangan pada Akad Nikah

Pada umumnya, cincin pertunangan berada di jari manis tangan kiri. Ketika hari pernikahan, Passioners akan bertukar cincin nikah dengan pasangan.

Banyak mempelai wanita yang tidak tahu dengan pasti apa yang harus mereka lakukan dengan cincin mereka selama akad nikah berlangsung. Kelihatannya sepele, namun masih banyak orang yang bingung dalam memperlakukan benda berharga mereka.

Ada beberapa cara-cara umum dalam etika menggunakan cincin pertunangan selama akad nikah. Perhatikan beberapa cara yang dapat Passioners lakukan berikut ini.

Menyimpan dan tidak menggunakannya

Ini adalah cara pertama yang dapat Passioners lakukan pada cincin tunangan Anda. Beberapa orang memilih menanggalkannya dan menyimpannya dalam wadah.

Jika Passioners merasa concern atau khawatir cincin tersebut akan menarik lebih banyak perhatian daripada cincin nikah, Anda bisa memilih untuk menyimpannya tersebut pada tempatnya.

Passioners bisa menggunakannya kembali setelah akad nikah atau resepsi, jika Anda masih memiliki keinginan untuk menggunakannya.

Menggunakan pada jari manis kanan

Jika Passioners menggunakan cincin selama akad berlangsung, Passioners dapat menempatkannya pada jari manis di tangan kanan Anda. Kebanyakan orang memilih cara ini untuk menunjukkan pada tamu undangan cincin tunangan mereka.

Passioners tidak perlu khawatir, setelah akad, Anda dapat memakainya kembali pada jari manis di tangan kiri Anda.

Tetap menggunakan pada jari manis kiri

Adapun beberapa orang masih tetap mempertahankannya di jari manis tangan kiri mereka. Ada orang yang berpendapat bahwa cincin tersebut sebaiknya digunakan setelah atau di bawah cincin nikah.

Sebagian orang yang masih tetap mempertahankannya ketika akad berlangsung akan melepasnya terlebih dahulu ketika cincin nikah akan dipasang, kemudian menggunakannya kembali setelah cincin nikah terpasang.

Jika Passioners hendak melakukan cara yang ketiga ini, Passioners juga perlu berhati-hati ketika melepasnya dan juga mempertimbangkan keefektifan waktu prosesi akad. 

Apapun yang kamu pilih dari ketiga cara penggunaan tersebut, sebaiknya bicarakan dengan pasangan kamu supaya tidak terjadi kecanggungan ketika memasangkan cincin nikah.

Demikian informasi dari Passion Jewelry seputar Cincin Tunangan. Semoga bermanfaat bagi para Passioners yang sudah siap melamar pasangan anda dan memberikan cincin yang elegan nan cantik.

Subscribe our newsletter

Jadilah yang pertama mengetahui informasi perhiasan berlian terkini dan penawaran spesial dari kami.