Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Perbedaan Antara Cincin Tunangan Dan Cincin Kawin

Perbedaan Antara Cincin Tunangan Dan Cincin Kawin

Apa sih yang membedakan antara cincin tunangan dan cincin kawin? Jika Anda tengah mempersiapkan pernikahan tentunya Anda pun akan bertanya mengenai hal tersebut bukan? Untuk mengetahui jawabannya, maka pastikanlah Anda simak uraian penjelasan berikut ini : 

Cincin tunangan tidak selalu sepasang 

Jika melihat budaya barat, cincin tunangan umumnya hanya digunakan oleh wanita saja dan diberikan oleh pria yang melamarnya. Namun berbeda halnya dengan di Indonesia. Ada yang melakukan pertunangan dengan memberikan cincin tunangan pada pasangannya saja dan ada pula yang melakukan tukar cincin atau menggunakan cincin pada masing-masing pasangan yang juga disaksikan oleh seluruh anggota keluarganya. 

Sementara itu, jika dilihat dari maknanya. Cincin tunangan digunakan sebagai simbol atas keterkaitan atau komitmen bahwa pasangan tersebut akan bersama hingga hari pernikahan tiba. Selain itu, cincin tunangan juga menjadi bukti bahwa orang yang menggunakannya tidak lama lagi akan melangsungkan pernikahan. 

Desain pada cincin tunangan dan cincin kawin 

Perbedaan selanjutnya ditunjukkan melalui desain yang dimilikinya. Untuk cincin tunangan unik umumnya memiliki desain yang unik dan bahkan beberapa di antaranya hadir dengan bagian batu permata atau bahkan berlian berukuran sedang hingga besar di bagian tengahnya. Hal ini berbeda dengan cincin kawin yang justru seringkali hadir dengan desain polos dan bahkan beberapa di antaranya justru tidak disertai dengan keberadaan batu permata atau bahkan berlian. Ada pun jenis cincin kawin yang menggunakan batu permata umumnya hanya disertai dengan batu berukuran kecil yang dikenal sebagai pemanis dari cincin tersebut. 

Tren dari penggunaan cincin tunangan dan cincin kawin bersamaan 

Dalam beberapa kasus, cincin tunangan digunakan pada jari yang berbeda dengan cincin kawin. Namun untuk saat ini ada tren baru yang dikenal dengan istilah stacking. Dalam tren tersebut, cincin tunangan dan cincin kawin dapat digunakan secara bersamaan pada jari tengah dan jari manis. Namun ada pula yang melakukan penggunaan cincin dengan sistem penumpukan yaitu menumpuk cincin tunangan dan cincin kawin menjadi satu kesatuan dengan cara dipatri atau disambungkan agar dapat digunakan pada satu jari manis yang sama. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait perbedaan mendasar antara cincin tunangan dan cincin kawin

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top