Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Mengenal Birthstone : Batu Yang Sesuai Bulan Kelahiranmu

Mengenal Birthstone

Pernahkah kamu mendengar tentang birthstone, batu yang sesuai bulan kelahiranmu? Konsep batu kelahiran sebenarnya sama dengan zodiak, setiap batu memiliki keunikan dan makna tersendiri. Banyak orang yang sangat fanatik dengan batu sesuai bulan lahir mereka dan mengenakan batu tersebut dalam bentuk kalung, gelang, cincin, dan perhiasan lainnya.

Seorang ilmuwan Kristen di abad ke-5 membuat hubungan antara 12 batu permata di Breastplate of Aaron, 12 bulan yang ada dalam setahun, serta 12 zodiak yang ada. Mereka menciptakan sebuah teori bahwa setiap batu terhubung pada bulan tertentu atau urutan astrologis dan meyakini bahwa batu tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang mengenakannya sesuai dengan bulan lahir.

Hmm, menarik juga ya. Yuk, kita cari tahu makna setiap batu bulan kelahiran atau birthstone! Jangan lupa cari tahu apa milikmu.

Januari - Garnet

Warna umum dari batu garnet adalah merah atau merah tua, namun batu ini juga bisa ditemukan dalam warna lain yang tidak kalah cantiknya. Batu bulan kelahiran Januari ini memiliki makna perlindungan.

Februari - Amethyst

Ciri khas dari batu Amethyst adalah warna ungunya yang sangat cantik. Konon, nama Amethyst diambil dari seorang wanita dari legenda Yunani bernama Amethystos yang menerima kemurkaan Dionysus setelah menghinanya. Dewi Artemis kemudian mengubahnya menjadi sebuah batu putih untuk menyelamatkan hidupnya. Dionysus yang terkesan dengan batu tersebut kemudian menuangkan anggur dari gelasnya, memberikan warna ungu pada batu tersebut.

Maret - Aquamarine

Aquamarine, batu bulan kelahiran maret ini banyak ditemukan di Brazil, Sri Lanka, dan negara Asia Tenggara. Warna biru batu ini melambangkan lautan dan langit yang luas, sehingga maknanya adalah ketenangan.

April - Diamond

Berlian adalah batu permata yang paling terkenal di dunia. Kecantikan klasiknya melambangkan keabadian. Makna dari batu berlian ini adalah kekuatan dan ketangguhan, sesuai dengan bagaimana proses yang harus dilalui berlian untuk mendapatkan bentuk yang indah.

Jika kamu ingin memberikan perhiasan berlian sebagai kado untuk mereka yang lahir di bulan April, percayakan pada Passion Jewelry yang menyediakan batu berlian asli dalam berbagai potongan yang memukau.

Mei - Emerald

Keistimewaan dari emerald adalah permukaannya yang sulit tergores, setidaknya tidak terlihat mata telanjang. Kata emerald sendiri diambil dari bahasa Latin “esmeralda” atau “esmaraldus” yang artinya permata hijau. Batu ini dipercaya melambangkan harapan.

Juni - Pearl

Pearl atau mutiara adalah satu-satunya batu yang ditemukan pada makhluk hidup. Namun kini kebanyakan mutiara adalah hasil budidaya karena mutiara alami kini sangat sulit ditemukan. Mutiara adalah lambang dari cinta.

Juli - Ruby

Jika kamu ingin memberi kado batu sesuai bulan lahir, maka untuk bulan Juli adalah rubi. Batu rubi memiliki makna vitalitas. Di masa modern, batu rubi bisa menjadi pengingat bagi seseorang untuk tetap semangat dalam menjalani hidup.

Agustus - Peridot

Peridot adalah batu kelahiran bulan Agustus dengan warna hijau muda. Batu ini berasal dari Mesir, Myanmar, Meksiko, Kenya, dan Australia. Sesuai dengan penampilannya, makna dari batu ini adalah kecantikan dan keindahan.

September - Sapphire

Batu berwarna biru tua ini memiliki ketahanan yang sangat baik dan menjadi simbol kelahiran di bulan September. Batu safir bahkan sudah ada sejak tahun 4000 SM. Makna dari batu ini adalah kebenaran.

Oktober - Opal

Opal merupakan batu yang unik dan berkelas, dihiasi dengan pola-pola yang membuatnya berbeda dengan batu lainnya. Opal memiliki sangat banyak pilihan warna dan memiliki makna menyembuhkan.

November - Citrine

Batu ini mungkin masih sedikit asing. Citrine memiliki warna oranye kekuningan dan dipercaya mampu memperbaiki suasana hati. Oleh karena itu, makna dari batu ini adalah kebahagian.

Desember - Blue Zircon

Terakhir adalah batu blue zircon yang memiliki makna persahabatan. Menurut tradisi Turki, batu ini dapat memberikan kekuatan untuk mendapatkan teman baru dengan sangat, sangat mudah.
 

Back to Top