Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Membedakan Emas Muda dan Emas Tua untuk Liontin Inisial

Membedakan Emas Muda dan Emas Tua untuk Liontin Inisial

Tak dapat dipungkiri bila emas masih sering dipilih sebagai material liontin inisial dan jenis perhiasan lainnya. Walau dijamin mampu memancarkan kesan mewah nan berkelas, emas mempunyai tingkatan kualitas yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah emas tua dan emas muda.
 

Perbedaan emas muda dan emas tua

Emas termasuk jenis logam mulia bertekstur lunak, sehingga dalam pembuatan perhiasan, emas akan dicampurkan dengan logam lain agar lebih kuat. Kombinasi logam inilah yang lantas menimbulkan istilah emas muda dan emas tua. Sebagian besar perhiasaan yang menggunakan emas muda memakai emas dengan kadar di bawah 42%, sementara perhiasan dengan emas tua memakai kadar emas di atas 42%. Ada pula yang menyebutkan kadar logam mulianya mencapai 70%. Berkaitan dengan harga, emas muda tentu saja dibanderol dengan harga lebih murah.
 

Membedakan kualitas emas dari besarnya karat

Selain dari emas muda dan emas tua, penentuan kualitas dan harga perhiasaan ditentukan juga dari besaran karat. Karat yang terdapat pada perhiasaan—termasuk liontin huruf—menandakan seberapa banyak kadar emas murni di dalamnya. Jika dihubungkan dengan emas muda dan emas tua, Anda dapat menarik kesimpulan bila emas 14 karat dapat dikategorikan sebagai emas muda karena kadarnya berada di bawah 42% atau 70% (tergantung penjual).
 

Apakah emas karat tinggi cocok untuk liontin?

Walau emas berkarat tinggi tampak meyakinkan, kenyataannya hal tersebut belum menentukan kualitas liontin atau perhiasan lain yang hendak Anda beli. Emas 24 karat, misalnya, yang meski memiliki kadar kemurnian tinggi, kurang sesuai digunakan sebagai material perhiasan. Hal tersebut disebabkan emas 24 karat bersifat fleksibel, sehingga tak menyulitkan saat dibuat, tetapi kurang kuat. Maka untuk menyiasati hal tersebut, sebagian besar pakar perhiasan menyarankan emas 18 karat sebagai standar kadar murni emas yang ideal dipakai dalam pembuatan perhiasan. Pasalnya, emas 18 karat relatif lebih kuat dan harga jualnya masih cukup tinggi.
 

Itulah berbagai jenis emas yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai perhiasan, seperti liontin. Setelah mengetahui jenis-jenis emas ini, Anda diharapkan dapat menemukan liontin inisial berbahan emas yang tepat. Untuk Anda yang ingin memperoleh berbagai model liontin inisial berbahan emas, maka Anda dapat memperolehnya melalui Passion Jewelry. Passion Jewelry adalah sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Tidak hanya itu, Passion Jewelry juga menyediakan informasi terbaru terkait cincin tunangan unik terlengkap. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock
 

 

Back to Top