Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Kadar Emas yang Bagus untuk Perhiasan

Kadar Emas yang Bagus untuk Perhiasan

Perhiasan merupakan salah satu jenis benda yang banyak dikoleksi atau digunakan untuk mempercantik diri. Salah satu jenis perhiasan logam yang paling populer dan banyak diminati adalah perhiasan emas.

Bahkan dalam pernikahan, perhiasan emas, seperti cincin nikah, seolah menjadi benda yang wajib dimiliki. Dalam acara spesial ini, cincin emas yang digunakan biasanya berbahan emas murni, sebagai simbol dari kemurnian hubungan yang sedang dijalani.   

Jika kamu memutuskan untuk membeli perhiasan emas kepada orang yang kamu sayang--atau bahkan jika kamu ingin membelikannya untuk dirimu sendiri--kamu pasti ingin membeli perhiasan emas dengan kualitas terbaik. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah kadar emas.

Secara singkat, kadar emas sendiri diartikan sebagai tingkat keaslian atau jumlah kandungan emas yang terdapat dalam perhiasan tertentu. Secara umum, jumlah kadar emas dalam perhiasan dinyatakan dengan istilah karat. Semakin tinggi kadar emas pada perhiasan, semakin tinggi pula harganya.

Namun, apakah harga yang tinggi menjamin kualitas yang tinggi pula? Apakah semakin tinggi kadar emas dalam perhiasan maka semakin bagus kualitasnya? Jawabannya adalah belum tentu.

 

Fakta kadar emas dalam perhiasan

Mungkin kamu berpikir bahwa semakin tinggi kadar emas perhiasan makan semakin bagus, kuat, dan bergengsi perhiasan tersebut. Padahal, anggapan ini tidak selalu benar lho! Gengsi dan harganya memang lebih tinggi, tapi tidak dengan kekuatannya!

Kalimat kunci yang perlu kamu ketahui adalah semakin murni emas, semakin tinggi kadar ukuran karatnya, maka emas tersebut pun akan semakin lunak dan mudah tergores jika terkena gesekan.  

Lunak yang dimaksud di sini berarti perhiasan tersebut tidak kuat menahan bahan-bahan tambahan, misalnya berlian, yang ditambahkan ke perhiasan tersebut. Hal ini dikarenakan perhiasan dengan kadar emas yang tinggi cenderung mudah berubah bentuk apabila ia terkena panas.

 

Cincin emas 24 karat, apakah merupakan ide yang bagus?

Cincin adalah salah satu jenis perhiasan yang paling banyak digunakan. Banyak orang berpikir bahwa cincin emas 24 karat adalah cincin emas berkualitas paling baik. Apakah benar demikian?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semakin tinggi kadar emas perhiasan, semakin lunak perhiasan tersebut. Bahkan ia akan cenderung mudah tergores dan berubah bentuk, bukannya malah semakin kuat. 

Bisa dikatakan bahwa cincin emas 24 karat tidak direkomendasikan untuk dijadikan sebagai cincin, apalagi jika kamu ingin memakai cincin tersebut setiap hari atau kamu ingin menambahkan detail berupa batu mulia pada cincin tersebut. Kekuatan cincin yang lemah akan membuat resiko batu mulia-mu hilang lebih tinggi. 

 

Kadar emas yang bagus untuk perhiasan cincin

Emas murni mengandung kadar emas sejumlah 24 karat yakni 100%. Jadi, jika sebuah perhiasan emas memiliki kadar emas 22 karat, tingkat kemurniannya berarti 22/24 x 100%, yaitu 91.7%. Sisanya berarti perhiasan telah dicampur dengan berbagai jenis logam lain, seperti tembaga, perak, dan lain-lain. 

Pencampuran antara emas murni dan logam lain memang diperlukan untuk membuat perhiasan emas menjadi lebih kuat.

Para ahli berpendapat bahwa kadar emas yang bagus untuk perhiasan adalah kadar emas 75% atau 18 karat. 

Hal ini dikarenakan 25% logam pada perhiasan tersebut merupakan jenis logam lain yang kuat untuk menahan berbagai jenis batu permata atau batu mulia pada perhiasan serta membuat perhiasan lebih tahan terhadap goresan dan suhu yang tinggi.  

Di Passion Jewelry, kamu bisa menemukan perhiasan emas dengan kadar 18 karat dengan bentuk yang modern dan beragam serta kualitas yang sangat baik.

 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk menjelaskan jumlah kadar emas yang bagus untuk perhiasan.

Jika kamu ingin membeli perhiasan emas di toko perhiasan, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu berapa kadar emas yang terkandung dalam perhiasan tersebut. 

Di beberapa toko, perhiasan emas 22 karat terkadang dijual lebih murah. Hal ini dikarenakan beberapa toko menyebutkan bahwa emas 22 karat yang dimaksud memiliki kandungan emas 70-75%, bukan 91.7% seperti pada umumnya. Jadi wajar saja harganya lebih murah. Intinya, jangan pernah malu bertanya ya!

Back to Top