Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Di Jari Mana Seharusnya Cincin Tunangan Dipasang?

Di Jari Mana Seharusnya Cincin Tunangan Dipasang?

Pada umumnya sebelum melangsungkan acara pernikahan ada acara pertunangan. Dalam acara ini kedua keluarga akan dipertemukan dan saling memperkenalkan. Pada acara tersebut para pasangan akan menunjukkan komitmen untuk melanjutkan hubungan ke pelaminan. Dan dalam proses pertunangan ini terdapat acara tukar cincin tunangan antar kedua calon pengantin. Tetapi, dimana seharusnya letak cincin ini dipakaikan? Simak uraiannya lebih lanjut di bawah ini.

 Sejarah Letak Cincin Pertunangan
Cincin pertunangan erat kaitannya dengan tradisi dan sejarah. Kebanyakan orang memakai cincin tersebut di jari manis pada tangan kiri, seperti halnya tradisi masyarakat Romawi kuno. Orang-orang dari negara itu meyakini bahwa jari manis mempunyai pembuluh darah yang langsung menuju jantung. Nama pembuluh darah itu ialah Vena Amoris atau Vein of Love. Itulah mengapa, pasangan harus mengenakan simbol kesetiaan dan cintanya pada jari manis
tangan kiri.
 Sebagian Lainnya Memakainya Di Tangan Kanan
Walaupun pengenaan cincin tunangan populernya pada jari manis di tangan kiri. Namun ada juga yang memakai cincinnya bukan di tangan kiri  melainkan pada tangan kanannya. Kebiasaan penggunaan cincin pertunangan ini umumnya di negara Kolombia, Rusia, dan Yunani. tetapi, pengenaan cincin di tangan kanan ini bukan berarti mencerminkan budaya dari negara tersebut. Pemilihan ini berdasarkan atas referensi atau keinginan pribadi.
 Dipakai Jadi Satu dengan Cincin Pernikahan
Terdapat beberapa pasangan mengenakan cincin yang sama ketika bertunangan dan saat mereka menikah. Dengan begitu, cincin pertunangan itu akan berpindah ke jari manis tangan kanan saat sudah menikah. Tapi ada juga yang menggunakan dua cincin di jari yang sama dengan menempatkan cincin pertunangan di bawah dan cincin nikah di atasnya.
 Hanya Wanita Saja yang Mengenakan Cincin Pertunangan
Pemakaian cincin erat hubunganya dengan tradisi, adapun tradisi yang mengajarkan pertukaran cincin kedua belah pihak ketika acara pertunangan berlangsung. Tetapi ada pula tradisi yang menganjurkan hanya pihak wanita saja yang memakai cincin pertunangan. Hal ini dianggap suatu simbol bahwa perempuan tersebut menerima lamaran yang diajukan. Penyematan cincin tunangan sebaiknya ikuti tradisi yang berlaku di dalam keluarga atau mengikuti adat lingkungan setempat. Dengan demikian proses pertunangan akan berlangsung khidmat dan sakral.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai letak penempatan cincin kawin yang tepat. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli sebuah cincin untuk pernikahan Anda, Anda dapat langsung mengunjungi passion jewelry yang ada di pusat perbelanjaan kesayangan Anda, untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi laman resminya di https://www.passionjewelry.co.id/.

Simak Juga: Harga Cincin Berlian

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top