Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Cincin Pertunangan, Momen Sakral Menuju Jenjang Yang Lebih Serius

Cincin Pertunangan, Momen Sakral Menuju Jenjang Yang Lebih Serius

Bertunangan merupakan sebuah pilihan untuk lebih serius di dalam membangun sebuah hubungan. Di mana yang sebelumnya hubungan yang berlaku merupakan sebagai pasangan kekasih, namun jika tunangan telah dilaksanakan, menandakan bahwa keduanya telah sepakat untuk menuju jenjang pernikahan. Tunangan juga sekaligus menjadi wadah untuk saling bersilaturahmi antara keduanya. Di mana keduanya dapat lebih mengenal dan menjadi tahap awal sebagai upaya untuk menciptakan sebuah keluarga yang lebih besar lagi.

Untuk di Indonesia sendiri, biasanya tunangan juga turut melibatkan dengan adat-adat yang dimiliki oleh masing-masing dari pasangan tersebut. Sehingga ada beberapa upacara atau tradisi tersendiri yang harus dijalankan di dalam prosesi pertunangan. Termasuk di dalam acara tersebut, keluarga inti dari keduanya juga diharapkan untuk turut hadir sebagai tanda akan hubungan erat yang akan mereka bina.

Tidak ketinggalan, di dalam sebuah pertunangan, pemasangan cincin menjadi hal yang ditunggu-tunggu sebagai bentuk dari ikatan untuk melangkah ke jenjang pelaminan. Beberapa tradisi ada yang hanya menggunakan satu cincin tunangan saja untuk disematkan pada jari pihak perempuan sebagai tanda bahwa pihak perempuan sudah menerima pihak laki-laki. Namun, ada juga tradisi yang menggunakan dua cincin yang kemudian akan saling memasangkan diantara keduanya.

Baca Juga: Cincin Kawin

Pemasangan cincin tunangan di jari manis kiri pada perempuan banyak diyakini untuk bisa menumbuhkan ikatan emosional di dalam diri perempuan dengan pasangan hidupnya kelak. Hal tersebut juga dapat menunjukkan bahwa pasangan hidup Anda merupakan orang yang sangat dekat dengan Anda. 

Pada pemilihan cincin untuk pertunangan ini, Anda dan pasangan sebelum melaksanakan acara bisa mencari dan memilihnya secara bersama-sama di toko perhiasan yang menjadi referensi Anda. Anda dan pasangan bisa saling berdiskusi untuk bisa memperoleh cincin dengan model yang diinginkan dan sesuai dengan ukuran jari. Sehingga dengan begitu dapat meminimalisir kekeliruan di acara pertunangan yang akan digelar.

Oleh karena itu, penyematan cincin tunangan bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Ada makna terdalam diantara keduanya yang sangat berhubungan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Sehingga, pemasangan cincin ini pun juga menjadi prosesi yang sakral. 

Simak Juga: Harga Cincin Berlian

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top