Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Asal Mula Cincin Tunangan Disematkan di Jari Manis Kiri

Asal Mula Cincin Tunangan Disematkan di Jari Manis Kiri

Sebelum melakukan pernikahan, normalnya pasangan yang saling mencintai akan melakukan sesi pertunangan terlebih dahulu. Cincin tunangan adalah tanda yang biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa kedua sejoli ini telah terhubung dengan status tunangan. Cincin tunangan biasanya ada dua, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Namun ada juga cincin tunangan yang hanya dipakai oleh wanitanya saja, semua itu hanya tergantung pada adat masing-masing yang dipercaya. Biasanya seorang pria akan memasangkan cincin tunangan itu di jadi manis seorang wanita. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa harus di jari manis dan mengapa harus di tangan kiri. 

Baca Juga: Cincin Kawin

Kadang karena sudah menjadi suatu kebiasaan, menyematkan cincin tunangan di jari manis tangan kiri dianggap sesuatu yang dianut meski tidak mengetahui fungsi dan sejarahnya apa. Ada sebuah legenda yang menyebutkan bahwa pada jari manis wanita terdapat pembuluh darah yang langsung mengalirkan darah ke jantung. Hal ini dihubungkan dengan pernyataan bahwa jika cincin tunangan dipasang di jari manis, maka ikatan emosional yang langsung dihubungkan melalui jari manis ke jantung via pembuluh darah tadi dapat terhubung dengan baik. Selain itu beberapa juga berpendapat bahwa jika disematkan di jari manis, maka pasangan pria nya adalah seseorang yang paling dekat dengan hari pihak wanita. Secara ilmu pengetahuan memang hal ini tidak ada kaitannya dan tidak bisa dibuktikan dengan penelitian. Namun karena tradisi sudah mendarah daging, maka semua orang mempercayainya dan melakukannya.

Ada juga suatu tradisi yang berkaitan dengan hal diatas. Seorang wanita jika sudah menikah akan mengganti posisi cincin tunangan di tangan kanan, bukan lagi di tangan kiri. Hal ini juga dipercaya sebagai tanda bahwa wanita tersebut telah memiliki suami, sehingga pria manapun yang akan mendekati dapat melihatnya dan mengurungkan niat untuk mendekatinya. Namun di negara-negara seperti Yunani, Rusia dan Kolombia, seorang wanita baik yang telah menikah maupun yang hanya bertunangan mengenakan cincin tunangan pada jari manis sebelah kanan.

Simak Juga: Cincin Berlian Wanita

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top