Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Alasan Menggunakan Cincin Tunangan Di Tangan Kiri

Alasan Menggunakan Cincin Tunangan Di Tangan Kiri

Mengapa penggunaan cincin tunangan di tangan kiri bukan di tangan kanan? Bagi Anda yang tengah mempersiapkan cara pertunangan, pertanyaan yang satu ini kerap kali dilontarkan. Namun penggunaan cincin tunangan yang dilakukan di tangan kiri pun bukan tanpa alasan yang jelas. Hal ini berkaitan dengan tradisi dan kepercayaan yang ada di lingkungan masyarakat yang terus dipertahankan hingga saat ini. Ingin tahun bagaimana asal mula aturan tersebut dimulai? Berikut penjelasannya. 

Tradisi mengenai cincin tunangan itu berasal dari abad ke-13, lebih tepatnya dilakukan oleh umat Kristiani saat mengadopsi tradisi dari Paus Innocent III yang mana ia memberikan mas tunggu wajib yang harus diberikan pada saat tunangan hingga masa pernikahan tiba. 

Baca Juga: Cincin Nikah

Sementara itu, kebiasaan memakai cincin tunangan di jari manis yang berada di tangan sebelah kiri itu berasal dari kepercayaan yang ada di Bangsa Yunani serta Romawi. Mereka percaya bahwa ada pembuluh vena spesial di bagian jari manis sebelah kiri yang dikenal dengan nama pembuluh vena amoris. Pembuluh tersebut menghubungkan aliran darah secara langsung menuju bagian jantung. Karena itulah pembuluh darah ini dinyatakan spesial dan memiliki kesan romantis. Dari penjelasan tersebut, kebiasaan menggunakan cincin tunangan pun mulai dilakukan. 

Sementara itu mengapa harus di tangan kiri? Hal ini dikarenakan Anda dan pasangan pun belum menjadi pasangan resmi. Dengan kata lain hubungan hanya terjalin melalui ikatan hati. Karena itulah untuk membuktikan ikatan tersebut maka dipergunakanlah cincin tunangan yang diletakkan di jari manis pada bagian tangan sebelah kiri. Kemudian jika pernikahan dilakukan nanti, maka cincin pun akan berubah posisi dengan diletakkan di bagian jari manis dari tangan sebelah kanan. Hal ini berkaitan dengan bentuk ikatan nyata yang telah dilakukan di antara pasangan tersebut. 

Jika dilihat dari penggunaan bahan cincin tunangan sendiri hadir dengan berbagai macam bahan logam yang berbeda. Namun cincin dengan bahan emas lebih sering dijadikan pilihan karena emas dikenal sebagai logam mulia yang tahan lama. Filosofi tersebut mengibaratkan agar hubungan yang terjalin pun dapat bertahan selamanya. 

Itulah kiranya penjelasan singkat terkait alasan tepat dari penggunaan cincin tunangan di tangan kiri yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

Simak Juga: Harga Cincin Tunangan

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top