Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

5 Tips Memilih Model Cincin Tunangan di Hari Bahagia

Cincin Berlian Ashoka Milik Lesty Kejora

Daftar Isi:

Pentingnya Momen Pertunangan

Memilih Model Cincin Tunangan

Barisan Produk dan Model Cincin Tunangan Ashoka

 

Acara pertunangan juga merupakan salah satu momen yang paling penting sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Mulai dari memilih kebaya serta kemeja, makeup yang akan digunakan, hingga model cincin tunangan sebagai simbol ikat janji pranikah. Pasti banyak sekali daftar tugas (task list) yang harus dilakukan oleh pasangan yang hendak bertunangan.

Dari semua tugas di atas, memilih model cincin tunangan merupakan salah satu tugas yang cukup memberatkan. Namun, mengapa acara tunangan harus dilakukan sebelum menikah, serta cincin tunangan apa seperti yang harus dipersiapkan? Semua itu akan dibahas lebih dalam di artikel ini.

Pentingnya Momen Pertunangan

Dulu, pertunangan hanya dianggap sebagai salah satu bagian dari kebudayaan sebelum membangun kehidupan rumah tangga. Hanya beberapa orang yang melakukannya, itu pun karena pertunangan merupakan syarat agar pernikahan menjadi sah di kebudayaan tertentu. Padahal, pertunangan menyimpan banyak makna yang harus dipahami oleh setiap pasangan yang hendak melangkah ke jenjang pernikahan.

Itulah mengapa momen pertunangan juga dilengkapi dengan acara tukar cincin. Tujuannya adalah sebagai tanda ikat janji pranikah. Pasangan yang bertunangan juga memiliki pijakan atau pondasi yang lebih kuat sebelum lanjut ke jenjang pernikahan. Mereka akan belajar lebih dalam mengenai kehidupan berpasangan lewat momen yang paling indah ini.

Salah satu progres yang bisa dialami oleh pasangan yang sudah bertunangan adalah mereka bisa belajar untuk saling memahami perbedaan pola pikir dan pandangan. Progres inilah yang akan selalu dirasakan oleh pasangan yang sudah membangun rumah tangga, dan pertunangan merupakan langkah persiapannya.

Pertunangan juga merupakan persiapan bagi pasangan untuk membangun kehidupan berkeluarga nantinya. Mereka bisa memikirkan tentang rencana memiliki anak, keuangan keluarga, bagaimana menghadapi konflik dalam pernikahan, serta berbagai persoalan rumah tangga lainnya. Ada juga saatnya mereka membuat perjanjian pranikah (prenuptial agreement) di masa ini, agar tercipta kesepakatan dalam pengelolaan finansial.

Orang yang bertunangan juga belajar untuk berbagi hidup dengan pasangannya. Mereka tidak lagi hidup sendiri, tapi harus mulai membiasakan untuk percaya kepada pasangannya dalam kondisi apapun. Kehidupan pernikahan dijalani oleh dua orang yang telah menjadi satu, dan pertunangan merupakan persiapan bagi mereka untuk tidak lagi egois dan mulai memperhatikan kepentingan pasangannya.

Mereka juga semakin mendalami peran saat berumahtangga, yaitu sebagai suami dan istri, serta orang tua (ayah dan ibu). Peran inilah yang paling banyak dilakukan saat pernikahan, di samping peran sebagai anak dari orang tua, pekerja di kantor, dan lainnya. Pernikahan adalah kehidupan yang akan dijalani hingga ajal menjemput, dan pertunangan menjadi medan latihannya

Memilih Model Cincin Tunangan

Melihat beberapa alasan di atas, kita bisa memahami bahwa pertunangan juga merupakan momen sakral dalam kehidupan berpasangan. Tanggal pertunangan menjadi momen ikat janji bagi pasangan sebagai komitmen untuk melangkah ke hubungan yang lebih serius. Pertunangan juga semakin lengkap dengan menggunakan cincin sebagai simbol ikat janji mereka.

Jangan salah, memilih model cincin tunangan berbeda dengan memilih cincin untuk pernikahan. Tidak ada salahnya jika pasangan juga ingin memiliki cincin tunangan yang stand out dan lebih menonjol ketika dilingkarkan di jari tengah mereka. Bagi beberapa orang, pertunangan dianggap sebagai momen yang paling serius, karena di sinilah mereka belajar berkomitmen untuk pertama kalinya.

Sebelum membeli cincin tunangan, Passioners bisa gunakan beberapa tips dari Passion ini:

1. Jangan Terpaku dengan Tren

Pertunangan merupakan salah satu momen sekali seumur hidup, jadi pilihlah cincin yang sifatnya timeless atau memberikan banyak kesan untuk Passioners dan pasangan. Jangan pernah terpaku dengan tren aksesori saat memilih cincin tunangan, karena tidak mungkin Passioners mengganti cincin tersebut saat trennya sudah hilang, bukan?

Daripada memilih cincin tunangan yang sedang hits di masa itu, pilihlah cincin yang benar-benar cocok untuk pasangan Passioners. Pilihan cincin tunangan bisa dilihat dari gaya aksesori yang sering mereka gunakan saat ini. Apabila jarang menggunakan aksesori, bisa juga bertanya mengenai preferensi cincin tunangan mereka.

Model cincin atau perhiasan lainnya yang sering dipakai saat ini bisa menjadi clue atau petunjuk mengenai gaya aksesori yang ingin digunakan seumur hidupnya.

2. Tidak Perlu Cincin yang Menonjol

Pertunangan juga masih merupakan langkah sebelum pernikahan, jadi tidak perlu membeli cincin yang terlalu menonjol. Budget untuk cincin pertunangan bisa dikurangi, kemudian dialihkan dengan cincin pernikahan.

Apabila Passioners dan pasangan merupakan orang yang tidak memusingkan ukuran cincinnya, tidak perlu repot mencari cincin yang besar. Lebih baik pilih cincin berdasarkan preferensi warna dan kualitas kejernihan batu berliannya. Tren dalam industri perhiasan juga tidak terlalu memerhatikan ukuran cincin yang dibuat, tapi lebih kepada gaya orang yang memakainya.

Terutama untuk perempuan, kini mereka lebih suka mencari perhiasan yang cocok dan menggambarkan dirinya. Lesti Kejora, penyanyi asal Indonesia, pun lebih memilih cincin berlian sederhana untuk pernikahannya, yaitu Ashoka Diamond Wedding Ring CKF0092B yang termasuk dalam galeri Passion. Terkesan sederhana, tapi dilengkapi dengan potongan berlian kecil yang ada di sekelilingnya.

3. Pahami Cerita di Balik Cincinnya

Di setiap jewelry store atau toko perhiasan, pasti ada cincin yang dibuat dengan kisah yang menarik di baliknya. Mayoritas klien pun lebih mengapresiasi cincin dengan cerita di baliknya.

Banyak pelanggan yang ingin tahu tentang asal muasal perhiasan atau batu berlian yang dijual oleh jewelry store. Material perhiasan seperti berlian, besi, dan batu permata, salah satunya, merupakan contoh perhiasan yang memiliki kisah menarik saat penambangannya. Terutama jika pasangan ingin membuat cincin custom atau sesuai permintaan sendiri, jewelry store tidak segan-segan melihat batu berlian yang berbeda dan lebih unik dari biasanya.

4. Pilihlah Desain Cincin yang Unik

Banyak sekali orang yang mendambakan cincin atau perhiasan yang sesuai dengan diri mereka, termasuk cincin tunangan untuk pasangan. Mereka lebih memilih untuk tidak lagi menggunakan perhiasan yang tradisional, tapi menggunakan cincin yang unik.

Cincin pertunangan yang dicari harus terlihat trendy dan relevan, tapi harus tetap timeless. Artinya, cincin yang dibuat tidak biasa-biasa saja, tapi desainnya pun tidak norak dan tetap bertahan di segala zaman. Inilah model cincin tunangan yang menjadi incaran pasangan muda di masa kini.

Desain cincin tunangan juga bisa dibuat serupa dengan pasangan seperti milik Lesty Kejora dan Rizky Billar. Desain kedua cincin tersebut sangat mirip, hanya beda di gaya maskulin yang umum digunakan pada cincin pria. Cincin pernikahan Ashoka edisi Rizky Billar memiliki aksen berlian di salah satu sisinya. Selain itu, rangka berliannya dibuat menonjol, khas dengan gaya cincin yang maskulin pada umumnya.

5. Bekerjasama dengan Desainernya

Terakhir, Passioners bisa bekerja sama dengan desainer cincin untuk membuat perhiasan yang lebih spesial untuk hari bahagia. Ada juga beberapa orang yang memilih untuk menciptakan cincin yang bisa di-custom sehingga sesuai dengan style dan kepribadian mereka.

Sebagai panduan, pasangan masa kini memilih cincin yang merupakan paduan gaya vintage dan modern. Mereka lebih mementingkan kualitas berlian tersebut dibandingkan ukurannya. Potongan berlian juga menjadi pilihan bagi pasangan muda untuk hari bahagia mereka. Salah satunya, rose cut yang sering digunakan di cincin pertunangan para selebriti.

Barisan Produk dan Model Cincin Tunangan Ashoka

Passion Jewelry memiliki berbagai produk dan model cincin tunangan yang bisa menjadi pilihan untuk hari bahagia Passioners. Ashoka adalah salah satu koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang khas dengan nuansa elegannya. Ashoka berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya tanpa penderitaan atau dukacita. Pasangan yang bertunangan dengan salah satu koleksi cincin ini diharapkan akan selalu bahagia dan tidak mengalami kesusahan yang besar dalam perjalanan cinta mereka.

Keindahan nama Ashoka ini juga tercermin pada semua koleksi cincin tunangan dari Passion Jewelry ini. Taburan berlian serta desain cincin yang cantik bisa menjadi pilihan simbol ikat janji pranikah bersama pasangan.

Rata-rata desain cincin Ashoka di Passion Jewelry memang berupa cincin untuk wanita. Jangan khawatir, pria juga bisa membuat desain cincin tunangan yang merupakan versi maskulinnya. Seperti seri Lesti Kejora dan Rizky Billar tadi, kedua cincinnya memiliki desain yang hampir mirip. Perbedaannya terletak pada gaya maskulin dan feminin yang dimiliki oleh cincin tersebut.

Jika Passioners penasaran dengan lini produk Ashoka dari Passion Jewelry, bacalah uraian beberapa produk yang kami tawarkan ini.

1. Cincin Tiga Hoop (CWF2141)

Diamond Ladies Ring Ashoka CWF2141

IDR 177,105,000

Descriptions & Detail

Koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang akan membuat penampilan Anda jadi lebih cantik dan elegan.

 

Specification

Diamond 1 = 1.01 TCW F/VS1 Diamond 66 = 0.345 TCW F/VS

Cincin yang sederhana ini didesain dengan tiga hoop, di mana hoop pada bagian tengahnya ditaburi dengan berlian penuh. Bagian mounting atau face of ring-nya berupa batu berlian yang juga dihiasi aksen berlian kecil di sekelilingnya. Rangka atau shoulder yang menjadi tempat mounting cincin tersebut juga didesain dengan indah, dilengkapi untaian berlian di bagian bawahnya.

Wanita yang menggunakan cincin ini akan terlihat cantik dan elegan. Cincin berlian inipun tidak terlalu mencolok jika digunakan sehari-hari, asalkan perawatannya harus dilakukan dengan tepat pula.

Passioners bisa juga membuat versi cincin tunangan untuk pria dari desain ini. Cukup buat desain cincin yang lebih tebal dan gagah, kemudian tambahkan aksen berlian di tengahnya. Hiasan aksen berlian bisa ditanam di bagian cincinnya atau bisa juga dibuat menonjol dengan memasang shoulder.

2. Cincin Logam Polos (CWF2147)

Diamond Ladies Ring Ashoka CWF2147

IDR 53,580,000

Descriptions & Detail

Koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang akan membuat penampilan Anda jadi lebih cantik dan elegan.

 

Specification

Diamond 86 = 0.346 TCW F/VS Diamond 1 = 0.5 TCW E/VS2

Pilihan kedua seri Ashoka jatuh pada cincin logam polos. Dari luar, bagian hoop cincinnya hanya berupa logam biasa, tapi desainnya juga tidak kalah mewah dibandingkan cincin pertama. Kombinasi emas putih dan rose gold membuat cincin ini juga menjadi pilihan yang pas untuk dikenakan di hari bahagia.

Desain hoop cincin ini berbentuk bunga asoka dengan dua shoulder yang meruncing ke atas. Salah satu sisi hoop bertaburkan berlian yang dibentuk mengikuti polanya. Bezel atau rangka mounting cincin ini berwarna rose gold, membuat cincin berlian ini tidak monoton saat dilihat.

Face of ring dari cincin ini berbentuk persegi dengan satu batu berlian utama di tengahnya. Taburan berlian kecil juga mengelilingi batu berlian utama yang disusun dengan rapi. Desainer cincin ini memberikan perhatian penuh saat menata rangkaian batu berlian kecil di sekelilingnya.

3. Cincin Berlian Kombinasi (CWF2148)

Diamond Ladies Ring Ashoka CWF2148

IDR 111,705,000

Descriptions & Detail

Koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang akan membuat penampilan Anda jadi lebih cantik dan elegan.

 

Specification

Diamond 14 = 0.18 TCW F/VS Diamond 1 = 0.76 TCW F/VVS1

Kombinasi emas putih dan rose gold pada hoop cincin juga bisa ditemukan di produk ini. Deretan batu berlian kecil dipasang di bagian hoop depan dan samping mengikuti pola bulatnya. Aksen rose gold bisa Passioners lihat di bagian dalam hoop, menambah warna yang indah pada cincin berlian ini.

Face of ring dirancang dengan menggunakan batu berlian yang jernih. Bagian atas dan bawahnya dibuat cutting yang bisa menjadi aksen unik cincin ini. Desain cincin pria juga bisa dibuat mirip seperti produk ini, dengan menambahkan berlian dan aksen rose gold di bagian dalam hoop-nya.

4. Cincin Berlian Persegi (CWF2149)

Diamond Ladies Ring Ashoka CWF2149

IDR 170,535,000

Descriptions & Detail

Koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang akan membuat penampilan Anda jadi lebih cantik dan elegan.

 

Specification

Diamond 32 = 0.290 TCW F/VS Diamond 1 = 0.75 TCW F/VS2

Passioners juga bisa memilih produk ini sebagai cincin ikat janji di hari bahagia. Bagian hoop luar cincin ini dilengkapi dengan taburan berlian kecil yang mengelilinginya. Face of ring atau bintang utama cincin ini adalah batu berlian jernih yang dipotong berbentuk persegi. Taburan berlian kecil sebagai bezel juga mengelilingi face of ring cincin persegi yang indah ini.

Bagian shoulder cincin ini juga dirancang dengan cantik. Saat dilihat dari samping, kita bisa melihat rongga asimetris yang menghiasnya. Bagian face of ring-nya dibuat bertingkat dan menonjolkan elemen berlian yang jernih ini.

5. Cincin Berlian Salju (CWF2143)

Diamond Ladies Ring Ashoka CWF2143

IDR 49,365,000

Descriptions & Detail

Koleksi terbaru dari Passion Jewelry yang akan membuat penampilan Anda jadi lebih cantik dan elegan.

 

Specification

Diamond 14 = 0.180 TCW F/VS Diamond 1 = 0.5 TCW E/VS2

Jika mendambakan bentuk face of ring yang unik, Passioners bisa menjatuhkan pilihan pada produk Ashoka ini. Berlian di tengahnya dikelilingi dengan taburan berlian kecil yang disusun secara presisi. 

Satu sisinya dikelilingi oleh tiga hingga empat berlian kecil. Berlian yang terletak di tengah juga dipasangi rangka atau shoulder, sehingga muncul kesan bertingkat saat dilihat dari samping. Desain berlian ini identik dengan bentuk salju, jadi Passioners yang menyukai bentuk ini bisa segera memilikinya.

Kemewahan di bagian face of ring juga mengimbangi kesederhanaan di bagian hoopnya yang terbuat dari emas putih. Face of ring-nya dibuat menonjol dengan ditopang shoulder di salah satu sisinya. Kombinasi ini menghasilkan kesan cincin elegan yang cocok digunakan saat menghadiri acara penting.

6. Anting Berlian (AF1129)

Diamond Jewelry Earrings Ashoka AF1129

IDR 90,240,000

Descriptions & Detail

Jadikan anting berlian dari Passion Jewelry dengan desain simple berlian ini sebagai hadiah spesial untuk wanita yang anda cintai.

 

Specification

Diamond 22 = 0.11 TCW F/VS Diamond 2 = 1.00 TCW E/VS1

Tidak salah juga jika Passioners ingin memberikan anting-anting sebagai hadiah pertunangan untuk kekasih. Ashoka juga menyediakan anting berlian yang tidak kalah mewah dengan koleksi cincin yang tersedia. Desain anting ini juga menarik dan menyerupai huruf U jika dilihat dari samping.

Taburan berlian yang memanjang dan lurus menghiasi anting tersebut. Pendant antingnya juga bertatahkan berlian yang jernih di bawahnya. Sekilas taburan berliannya terlihat memanjang, tapi sebenarnya melengkung mengikuti desain aslinya.

Anting berlian yang sederhana ini bisa menjadi salah satu pilihan saat prosesi seserahan. Passioners tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan anting ini untuk kegiatan sehari-hari karena dilengkapi dengan jarum dan jepit. Anting tidak akan mudah lepas sehingga bisa menambah kesan elegan dalam diri Anda.

Intinya, buatlah pasangan merasa spesial di hari bahagia dengan menggunakan cincin tunangan yang menggambarkan diri mereka. Passion Jewelry adalah toko perhiasan yang bisa menjadi solusi untuk menyediakan model cincin tunangan untuk dikenang seumur hidup Passioners. Kami juga menyediakan layanan perawatan berlian sehingga kilaunya tetap terjaga, seperti pengencangan batu berlian dan pemolesan. Semua kebutuhan Passioners tentang berlian akan terjawab oleh layanan yang ada di toko kami.

Passion Jewelry selalu menyediakan layanan pengiriman bebas ongkir ke seluruh Indonesia disertai dengan asuransi demi menjaga kualitas berliannya. Jangan ragu menghubungi Jewelry Consultant melalui WhatsApp sebelum melakukan transaksi, kami akan memberikan informasi dan pelayanan terbaik hanya untuk Passioners.

Back to Top