Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Corsages Wedding

Corsages Wedding

Pernahkah kamu mendengar istilah korsase atau corsages? Istilah tersebut diambil dari bahasa Perancis “bouquet de corsage”, artinya bunga hiasan korset. Kamu mungkin pernah melihat benda ini dalam berbagai pernikahan, itu sebabnya korsase bunga ini sering dikenal sebagai corsage wedding!

Secara spesifik, korsase sendiri biasanya berupa hiasan bunga yang dipakai oleh para wanita yang bertugas sebagai pengiring pengantin untuk menambah kesan manis dari pakaian yang mereka kenakan dan kesan romantis dari acara yang tengah berlangsung.

Korsase bunga sendiri biasanya dibuat dari berbagai bahan, bisa dari bunga segar atau juga dari bahan-bahan sintetis seperti kertas, kain, atau plastik. Biasanya benda ini digunakan di pergelangan tangan para wanita. Untuk penjelasan yang lebih spesifik tentang korsase, ayo kita simak artikel di bawah ini!

Siapa saja sih yang menggunakan korsase atau corsages?

Seperti dijelaskan sebelumnya, korsase bunga dalam pernikahan pada umumnya digunakan oleh beberapa wanita yang mengiringi pengantin. Tetapi sebenarnya tidak ada aturan yang spesifik tentang siapa yang seharusnya menggunakan hiasan ini.

Di beberapa pernikahan, kamu mungkin pernah melihat korsase dikenakan oleh seluruh wanita dari kedua belah pihak keluarga. Sementara di pernikahan lain, kamu bisa saja menemukan semua tamu wanita diberikan korsase yang sekaligus dijadikan sebagai souvenir. Hal ini sah-sah saja, tergantung bagaimana kesepakatan kamu dengan pasangan.

Pilihan bunga

Berbagai jenis bunga yang dapat kamu temukan kadang bisa saja membuatmu bingung memilih bunga mana yang ingin dipakai sebagai corsage wedding. Cobalah sepakat dulu dengan pasangan tentang bunga apa yang ingin dipakai. 

Namun jika pasanganmu menyerahkan keputusan padamu, pastikan kamu memilih bunga cantik favoritmu ya! Ini akan membuatmu sangat mood di hari pernikahan. Jika kamu memiliki bayangan sendiri mengenai rangkaian bunga yang ingin kamu persembahkan korsase di pernikahanmu, jangan lupa jelaskan secara detail kepada florisnya ya! Baik untuk bunga segar maupun bunga artifisial, info detail tentang bentuk korsase bunga impianmu sangatlah penting!

Lebih teliti jika pilihanmu jatuh pada korsase bunga asli (bunga segar)

Dibanding bunga artifisial, bunga asli atau bunga segar membutuhkan perawatan yang lebih detail agar tetap cantik dan segar saat digunakan sebagai korsase di hari pernikahanmu. Pastikan jauh-jauh hari sebelum pernikahanmu, kamu telah menghubungi floris terpercaya untuk memastikan ia memiliki stok korsase yang sesuai dengan bentuk dan jumlah yang kamu inginkan dan butuhkan. Setelah itu, pastikan jadwal pernikahanmu secara detail dan koordinasikan kapan sebaiknya korsase bunga segar tersebut diantar. Usahakan jangan terlalu dini agar bunganya tetap segar.

Jika korsase sudah diantar, kamu bisa meminta tolong kepada pihak-pihak tertentu untuk menjaga merawat korsase tersebut sebelum diserahkan kepada pemakainya. Perawatan yang dilakukan dapat berupa menyemprotkan air dingin ke ujung batang dan sealant secara ringan ke mahkota bunga agar tetap mekar dan terlihat segar. Namun yang pasti, pilihlah jenis bunga yang kuat seperti krisan, mawar, atau anggrek.

Cara menggunakan korsase

Biasanya korsase bunga pada pernikahan memang digunakan di sekitar pergelangan tangan wanita yang memakainya. Namun sebenarnya tidak ada aturan yang mutlak tentang cara menggunakan korsase.

Selain di pergelangan tangan, korsase dapat digunakan dengan cara disematkan pada gaun yang memiliki model atau aksen di bagian lengan. Penyematan korsase pada gaun demikian akan membuat gaun terlihat lebih manis. Namun kamu harus ingat, jika baju yang digunakan berbahan halus, hindarilah menggunakan korsase bunga yang berat agar gaunnya tidak rusak. Selain dua cara tersebut, korsase juga tidak salah jika dipakai hanya dengan dipegang saja!

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang corsages wedding. Sudah siap memilih korsase terbaik?
 

Back to Top