Close

Search Product

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Apa bedanya antara cincin nikah dengan cincin pertunangan? Tentu saja ada banyak perbedaannya. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini adalah ulasannya.

 

Perbedaan modelnya

Ada satu hal yang jelas membedakan antara cincin tunangan dengan cincin pernikahan. Perbedaan antara dua cincin ini salah satunya bisa dilihat dari momen penggunaan cincin tersebut. Cincin pertunangan bisa digunakan sebagai cincin yang diberikan pada saat pesta pertunangan atau bisa juga diberikan secara surprise pada pasangan sebagai tanda pelamaran. Namun, selain itu ada hal lain yang membedakannya, salah satu hal yang membedakan cincin nikah dengan cincin untuk pertunangan adalah mengenai modelnya. Cincin pertunangan biasanya memiliki model yang lebih fancy dibandingkan dengan cincin pernikahan. Hal ini disebabkan karena cincin pertunangan lebih sering diberikan dalam acara melamar yang dilakukan secara surprise. Hal inilah yang menyebabkan cincin pertunangan memiliki model yang lebih indah dan menarik. Sedangkan, cincin pernikahan adalah cincin yang cenderung memiliki model yang simple dan timeless. Mengapa? Hal ini disebabkan karena cincin pernikahan adalah cincin yang akan digunakan seumur hidup hingga Anda menua. Hal inilah yang membuat modal cincin nikah bisanya dibuat lebih simple dan classy dibandingkan dengan cincin tunangan.

Perbedaan posisi penggunaannya

Lalu, bagaimana posisi penggunaannya? Sesungguhnya dahulu penggunaan dari cincin nikah dengan cincin yang digunakan untuk menandakan pertunangan dilakukan di jari manis sebelah kanan. Biasanya cincin pernikahan akan digunakan di bagian dalam dan cincin pertunangan akan digunakan di bagian luar. Cincin pernikahan digunakan di bagian dalam karena disebut lebih dekat dengan jantung. Akan tetapi, saat ini penggunaan dari kedua cincin ini lebih banyak dipisahkan. Cincin pernikahan di sebelah kanan dan cincin tunangan di sebelah kiri. Hal ini disebabkan karena saat ini banyak pengantin wanita yang menginginkan cincin pernikahannya memiliki model yang unik dan detail. Jadi, jika digunakan secara bersamaan akan membuat jari manis sebelah kanan terlihat berlebihan. Jadi, saat ini trennya adalah penggunaan cincin pernikahan di sebelah kanan dan cincin tunangan di sebelah kiri.

 

Itulah perbedaan cincin tunangan dan cincin pernikahan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai model cincin tunangan dan cincin nikah, maka Anda dapat memperolehnya melalui Passion Jewelry. Passion Jewelry adalah sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Sebagai sebuah butik perhiasan ternama, Passion Jewelry menyediakan berbagai model perhiasan. Mulai dari liontin (liontin huruf, liontin inisial, dan liontin salib), cincin kawin (baik itu cincin kawin unik maupun cincin nikah), cincin tunangan unik, hingga perhiasan berlian (baik perhiasan berlian asli maupun cincin berlian wanita). Melalui Passion Jewelry, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi terbaru dan terlengkap terkait cincin kawin, cincin nikah, dan harga cincin berlian. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.
 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock 

Back to Top