Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Mengenal Blue Topaz Stone dan Fakta Uniknya

 Blue Topaz Stone

 Siapa sih yang tidak menginginkan batu permata berwarna cerah? Semua orang pasti menginginkannya, apalagi mereka yang suka berburu batu permata! Membicarakannya saja suka, apalagi memikinya!    

Salah satu batu permata yang terkenal dengan kecerahan dan warnanya adalah Blue Topaz Stone atau batu Blue Topaz. Dari namanya, kamu pasti tahu batu ini memiliki warna biru. Coba bayangkan, batu biru dengan tingkat kecerahan tinggi! Perfect!

Bukan hanya terkenal karena tingkat kecerahan dan kejernihan yang tinggi, Blue Topaz juga banyak diburu karena ketahanan batu yang tinggi namun harganya cukup terjangkau.

Blue Topaz stone yang memiliki kualitas baik biasanya hadir dengan kilau yang sangat terang dan bercahaya dengan indah, serta warna bening yang menyejukkan mata. Saat disentuh, Blue Topaz Stone juga terasa dingin. Jadi wajar saja jika orang-orang sering menyebut bahwa khasiat batu Blue Topaz adalah memberikan ketenangan kepada pemiliknya.

Asal Blue Topaz Stone

Menurut catatan para ahli, Blue Topaz Stone awalnya ditemukan di pulau Topazos, pulau yang saat ini dikenal sebagai Zabargad, pulau kecil yang berada di wilayah Laut Merah.

Di abad pertengahan, Topaz Stone terkenal dengan variasi warnanya. Ia tidak hanya terdiri dari warna biru saja, tetapi juga warna kuning yang mirip seperti warna buah limau. Dulunya Topaz Stone berwarna kuning ini diolah di pertambangan oleh bangsa Romawi.

Namun, teori lain mengatakan bahwa kebenaran tentang penemuan Blue Topaz Stone di Pulau Topazos tidaklah sepenuhnya benar. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa batu permata yang ditemukan di Topazos bukan merupakan Topaz Stone, tetapi Peridot modern.

 

Pengertian Topaz Stone

Bangsa Yunani percaya bahwa Blue Topaz Stone memiliki kekuatan besar, karena pengertian Topaz sendiri adalah kekuatan. Bukan hanya bangsa Yunani, Bangsa Romawi pun memiliki kepercayaan yang sama. Bahkan mereka percaya bahwa Topaz Stone dapat meningkatkan kekuatan penglihatan manusia.

Selaim bangsa Yunani dan Romawi, nama Topaz Stone juga dipercaya berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Tapas yang berarti api.


 

Blue Topaz Stone Tidak Berwarna Biru

Fakta yang satu merupakan fakta yang paling aneh di antara fakta-fakta lain yang melekat pada Blue Topaz Stone. Tahukah kamu batu Blue Topaz ternyata tidak langsung berwarna biru saat ia pertama kali terbentuk?

Blue Topaz Stone yang paling murni sebenarnya memiliki warna transparan (tidak berwarna/colorless). Warna biru cantik dan berkilau yang dihasilkan justru terlihat setelah proses pembentukan, yakni saat batu Topaz ini terkena kotoran selama pembentukannya.

 

Blue Topaz Stone di pasaran

Kamu pernah melihat Blue Topaz Stone di pasaran? Tahukah kamu bahwa sebenarnya Blue Topaz Stone alami sangat sulit ditemukan di pasaran? Faktanya, sebagian besar Blue Topaz Stone yang dapat kita temukan di pasaran merupakan batu permata yang dibentuk atau diciptakan dengan cara dipanaskan atau diberi efek radiasi. Biasanya perlakuan ini diberikan pada Topaz Stone berwarna pucat.

 

Skala kekerasan Blue Topaz Stone

Skala kekerasan batu permata Blue Topaz mencapai hingga 8 Mohs sesuai ukuran kekerasan untuk sebuah batu. Hal ini berarti  Blue Topaz Stone merupakan salah satu jenis batu permata yang paling keras dan tidak mudah tergores. 

Walaupun demikian, Blue Topaz Stone tetap bisa pecah karena batu ini terdiri dari struktur kristal.


Bagi kamu pecinta batu permata, sekarang kamu sudah bisa membedakan Blue Topaz Stone dengan jenis batu permata biru lainnya kan?     

Back to Top