Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Menentukan Kualitas Berlian Untuk Dijadikan Cincin Kawin Dengan Prinsip 4C

Menentukan Kualitas Berlian Untuk Dijadikan Cincin Kawin Dengan Prinsip 4C

Cincin Kawin – Untuk memutuskan membeli cincin kawin, biasanya Anda dan pasangan akan berunding untuk memutuskan batuan permata yang akan digunakan. Salah satu yang mungkin menjadi pilihan utama banyak orang adalah batuan berlian, yang tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batuan lainnya, karena kualitas yang dimiliknya.

 

Kualitas yang di miliki oleh sebuah batu berlian biasanya tidak akan terlepas dari beberapa faktor, diantaranya seperti karat, warna, ukuran, dan seberapa langka berlian tersebut didapat. Secara umum, mungkin Anda akan mengetahui bahwa dengan semakin besarnya jumlah karat yang dimiliki oleh sebuah berlian, maka akan semakin langka berlian tersebut, dan harga yang ditawarkan juga akan lebih mahal lagi.
 

Satu hal yang menarik dari bentuk berlian adalah struktur dalamnya yang tidak akan pernah sama antara satu dengan lainnya. Hal ini juga semakin menambah harga dan nilai jual dari sebuah berlian hingga saat ini.
 

Dengan adanya berbagai keunikan diatas tersebut, maka dari itu juga ditemukan prinsip dasar dalam menentukan kualitas berlian, yaitu prinsip 4C dimana penentuannya berdasarkan Clarity ( kejernihan), Color (Warna), Carat (bobot), dan yang paling rumit adalah Cut (potongan). Untuk lebih jelas mengetahui tentang prinsip 4C ini, berikut Passion Jewelry akan menjabarkannya hanya untuk Anda.
 

1. Clarity (Kejernihan)

Clarity atau kejernihan biasanya akan mengarah kepada tingkat kejernihan suatu berlian. karena dihasilkan langsung oleh alam, maka bisa dikatakan tidak ada satupun batuan berlian yang terhindar dari noda dan cacat bawaan. Dengan begitu, semakin sedikit cacat ataupun noda yang ada pada sebuah berlian, maka harganya pun akan semakin mahal.
 

Tak hanya noda dan cacat secara alami saja yang bisa dinilai dari Clarity ini, melainkan juga soal bekas goresan yang terjadi akibat kelalaian manusia pada saat merawat berlian.
 

2. Carat

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, bahwa Carat merupakan sebuah satuan yang digunakan untuk merujuk kepada berat ataupun bobot yang dimiliki oleh sebuah berlian tersebut. Semakin berat jumlah carat pada berlian, maka akan semakin mahal juga harganya. Sebagai informasi, satu Carat tersebut sama dengan 0,200 gram. Dan untuk satu Caratnya saja saat ini bisa memiliki kisaran harga hingga ratusan juta rupiah.
 

3. Color (Warna)

Warna pada berlian juga menjadi salah satu faktor penentu yang sangat kuat pada kualitas berlian. Warna berlian sendiri pun sejatinya dibagi kedalam dua golongan. Yaitu fancy color diamond dan colorless diamond atau di Indonesia sering diartikan sebagai berlian yang transparan. Warna yang baik dari sebuah berlian adalah yang terbebas dari rona dan gradasi. Anda bisa mengetahui warna berlian secara terperinci dengan menggunakan kaca pembesar.
 

4. Cut (Potongan Berlian)

Potongan berlian adalah satu satunya faktor yang dipengaruhi oleh manusia. Sehingga faktor cut ini sangat diteliti oleh para ahli berlian diseluruh dunia. Potongan berlian ini didapatkan dari hasil mengasah serta membentuk berlian, setelah sebelumnya didapatkan dari hasil tambang.
 

Barulah kemudian berlian yang sudah dibentuk tersebut akan dijadikan perhiasan, salah satunya adalah cincin kawin istimewa yang sangat indah bagi pasangan. Semua ahli perhiasan sepakat bahwa untuk menciptakan sebuah potongan berlian yang indah dibutuhkan keahlian serta kesabaran yang kuat. Sehingga untuk membentuk berlian ini tidak sembarangan orang bisa melakukannya.
 

Jadi, tentukan dari sekarang cincin kawin berlian yang akan Anda beli untuk di hari pernikahan nanti. Untuk mendapatkan cincin kawin berlian yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, maka Anda bisa langsung mengunjungi www.passionjewelry.co.id dan tentukan sendiri jenis, bentuk, hingga model yang Anda inginkan.
 

Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi www.passionjewelry.co.id sekarang juga!

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

 

 

 

Back to Top