Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Macam-Macam Bunga Untuk Pernikahan Yang Perlu Anda Ketahui

Macam-Macam Bunga Untuk Pernikahan

 Apa hal lain yang lebih sakral sekaligus istimewa selain pernikahan?  Hari pernikahan merupakan hari spesial yang kerap ditunggu-tunggu banyak orang. Karena hal ini begitu istimewa, maka berbagai persiapan dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, mulai dari gaun pengantin, cincin, venue pernikahan hingga dekorasinya.

Yup, meski terdengar sepele, dekorasi adalah hal yang sangat penting. Karena dengan adanya dekorasi, acara pernikahanmu pun akan terlihat lebih hidup. Biasanya dekorasi venue pernikahan banyak dibuat dari berbagai macam jenis bunga. Macam-macam bunga tersebut dijadikan sebagai backdrop foto, dekorasi pelaminan, bahkan hiasan-hiasan menggantung.

Bukan hanya sebagai dekorasi, berbagai jenis bunga juga digunakan sebagai buket bunga nikah. Buket bunga pernikahan ini yang membuat pengantin wanita terlihat lebih manis. Di Indonesia, kita memiliki banyak sekali variasi bunga. Namun bunga apa saja sih yang selalu identik dengan bunga pernikahan? Simak dalam artikel berikut ini!

 

Bunga Melati

Coba perhatikan berbagai acara pernikahan tradisional. Biasanya bunga pernikahan yang paling sering digunakan adalah bunga melati. Bunga melati bukan hanya dijadikan sebagai hiasan untuk pengantin wanita, tetapi juga digunakan untuk keperluan ritual.

Penggunaan bunga melati juga memiliki makna. Bunga ini melambangkan ketulusan, kesucian, keanggunan, dan kesederhanaan. Bukan hanya indah dipandang, bunga melati yang merupakan bunga nasional Indonesia ini juga memiliki wangi semerbak yang khas. Tidak heran banyak orang menyukainya.

 

Mawar merah dan mawar putih

Siapa sih yang tidak suka bunga mawar? Bunga yang satu ini juga identik dijadikan sebagai bunga pernikahan, lhoJika bunga melati melambangkan kesucian dan kesederhanaan, mawar merah justru melambangkan perasaan cinta yang menggebu-gebu di antara dua orang yang berpasangan. Itulah sebabnya seorang kekasih sering menghadiahkan mawar merah kepada kekasihnya.

Sementara itu, makna mawar putih pun tidak kalah mendalam. Mawar putih adalah lambat kemurnian cinta. Sekarang masuk akal kan mengapa dua jenis bunga ini kerap digabungkan untuk dijadikan sebagai dekorasi atau buket bunga pernikahan? 

 

Bunga krisan

Bunga yang satu ini merupakan jenis bunga yang sangat unik. Mahkotanya mirip seperti bunga matahari. Warnanya juga sangat beragam sehingga tampak cantik dipandang mata. Awalnya bunga krisan ditemukan di Cina, jadi tidak heran jika terdapat makna Feng Shui di dalamnya. Bunga krisan dipercaya melambangkan optimisme dan keceriaan serta dapat membawa kebahagiaan untuk setiap orang dalam keluarga. Warga Tionghoa di Indonesia sering menggunakan bunga krisan sebagai bunga pernikahan karena bunga ini juga disebut-sebut sebagai lambang pemersatu.

 

Bunga anggrek

Berbagai jenis bunga yang kita temukan di Indonesia, yang dimanfaatkan sebagai bunga pernikahan, masing-masing memiliki makna yang mendalam. Bunga anggrek sendiri melambangkan adanya keistimewaan antara pasangan yang menikah. 

Meskipun harganya lebih mahal dibanding bunga nikah lain, bunga anggrek tetap banyak digunakan untuk dekorasi dan buket bunga pernikahan karena bentuknya yang unik dan mempesona serta warnanya yang beragam. Untuk dijadikan sebagai buket, bunga yang satu ini juga cocok dipadukan dengan berbagai jenis bunga atau tanaman lainnya.

 

Bunga lily putih

Banyak orang yang menjadikan bunga lily putih sebagai bunga favoritnya, termasuk untuk dijadikan sebagai bunga pernikahan. Bunga lily putih sendiri mengandung makna yang dalam, yaitu ketulusan, rasa simpatik, kemuliaan, serta hidup baru.

Itulah beberapa macam-macam bunga pernikahan yang kerap kita temukan di Indonesia.  Oya, bagi kamu yang ingin menikah, jangan lupa persiapkan cincin pernikahan juga ya. Untuk kualitas bahan dan bentuk cincin yang tidak diragukan, kamu bisa pesan di Passion Jewelry!

   

Back to Top