Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Ketahui Ukuran Cincin Pria dengan 5 Cara Akurat Ini

cincin pria showcase

Daftar Isi

Tabel Ukuran Cincin Pria

Menghitung Ukuran Cincin Pria

Tips Mengetahui Ukuran Cincin Pria dengan Akurat

Panduan Memilih Cincin untuk Pria

 

Ada dua alasan pria memakai cincin, sekedar untuk perhiasan atau sebagai bukti komitmen kepada istrinya. Apapun alasan mereka, memilih dan menentukan ukuran cincin pria merupakan step yang penting sebelum membelinya. Apalagi jika cincin tersebut dipakai untuk seumur hidup mereka, mengukur jari pria menjadi langkah yang tidak boleh dilewatkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara yang tepat untuk mengukur cincin pria? Berapa ukuran yang ideal untuk cincin pria sehingga tidak terlalu longgar atau sempit? Semua pertanyaan ini akan dikupas dengan lengkap dalam artikel Passion Jewelry ini.

Tabel Ukuran Cincin Pria

Sama seperti ukuran sepatu atau baju, cincin juga memiliki jenis atau standar ukurannya sendiri. Ukuran ini dilambangkan dengan angka sesuai dengan diameter dan kelilingnya dalam milimeter (mm). Ada dua skala yang digunakan dalam mengukur cincin pada umumnya, yaitu skala Indonesia (5,5 hingga 34) dan skala Amerika (3 hingga 15)

Besaran angka yang digunakan oleh kedua skala ini memang berbeda, tapi perbandingan ukurannya cukup kecil, hanya 0,35 mm. Jadi, tidak perlu khawatir dengan perbedaan ukuran yang besar dalam membuat skala tersebut, apalagi jika ada jewelry store yang menggunakan skala yang berbeda untuk mengukur jari pelanggannya.

Rata-rata ukuran cincin pria adalah 17 dalam skala Indonesia, dengan lebar sekitar 4-6 meter. Berbeda dengan wanita yang memiliki ukuran cincin yang lebih kecil, yaitu 12,5 dalam skala Indonesia, dengan lebar 2-3 mm. Bisa disimpulkan bahwa pria membutuhkan cincin dengan ukuran dua kali lipat dibandingkan wanita.

Industri perhiasan, terutama cincin, juga memiliki tabel standar ukuran cincin yang bisa dijadikan standar dalam memilih skala cincin yang sesuai. Passion Jewelry akan memberikan tabel ukuran dan skala cincin (dalam Indonesia) berdasarkan keliling dan diameter untuk memudahkan memilih ukuran cincin.

Daftar Ukuran Cincin Berlian
Ukuran Keliling (mm) Diameter (mm)
8 50 14,7
9 51 15
10 52 15,4
11 53 15,8
12 54 16
13 55 16,3
14 56 16,7
15 57 17,1
16 58 17,4
17 59 17,9
18 60 18,2
19 61 18,5
20 62 18,9
21 63 19,2
22 64 19,5
23 65 20
24 66 20,4
25 67 20,7
26 68 21
27 69 21,3
28 70 21,6
29 71 21,9
30 72 22,2
31 73 22,5
32 74 22,8
33 75 23,1
34 76 23,4

Tabel di atas bisa digunakan untuk membuat ukuran cincin yang tepat di jari Passioners. Apabila ukuran jari di luar angka di atas, jangan khawatir. Passioners bisa berkonsultasi dengan desainer cincin atau jewelry store untuk membuat cincin yang sesuai dengan ukurannya.

Menghitung Ukuran Cincin Pria

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghitung ukuran cincin pria, mulai dari menggunakan benang hingga kertas. Jika ada, Passioners juga bisa menggunakan ring sizer untuk mengetahui ukuran cincin yang tepat.

Mengukur jari merupakan salah satu langkah yang penting dalam menentukan ukuran cincin yang sesuai. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu melihat dari ukuran tangannya. Misalnya, tangan yang kecil menggunakan skala cincin antara 9-11, tangan sedang antara 11,5 - 13,5 atau tangan yang besar berskala 14-15,5

Namun, cara tersebut kurang akurat untuk menemukan ukuran cincin yang pas dan melingkar di jari. Jika salah pilih, cincin yang digunakan terlalu lebar sehingga sering jatuh, atau terlalu sempit dan bisa menyebabkan aliran darah tersumbat. Lebih baik Passioners menggunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunakan Ring Sizer

Ring sizer biasanya dijadikan pengukur diameter jari di setiap toko perhiasan, dan cara ini lebih cocok jika Passioners ingin membeli cincin untuk keperluan pribadi. Berbeda jika memang punya ring sizer sendiri di rumah, Passioners bisa mengukur jari pria atau orang terkasih untuk mengetahui ukuran cincinnya. Ring sizer biasanya memiliki skala standar 1-33, ukuran yang umum digunakan di Benua Asia.

2. Menggunakan Kertas

Kedua, Passioners juga bisa mengukur jari pasangan hanya bermodalkan kertas. Cara ini cukup mudah, dan akan lebih akurat jika Passioners memiliki penggaris untuk menghitung panjangnya.

Caranya, potong kertas sehingga berbentuk persegi panjang kecil, dengan ukuran lebar 1 cm dan panjang 12 cm. Kemudian lingkarkan potongan kertas tersebut ke jari Passioners, dan buatlah tanda ukurannya dengan menggunakan pensil. Setelahnya, gunakan penggaris untuk mengukur panjang ukuran kertas yang telah dibuat.

Biasanya, penggaris menggunakan satuan sentimeter (cm) dalam pengukurannya. Jadi, silahkan kalikan hasilnya dengan 10 untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan skalanya. Setelah mengetahui hasilnya dalam mm, gunakan tabel konversi di atas untuk mengetahui skala cincin yang digunakan.

3. Menggunakan Pita Ukur

Cara ketiga adalah menggunakan pita ukur yang sering digunakan dalam oleh penjahit dalam membuat baju. Pita ukur ini bisa dilingkarkan pada jari atau cincin yang telah ada. Karena pita ukur juga menggunakan skala cm, kalikan dengan 10 untuk mendapatkan hasil dan ukuran cincin yang sesuai dengan tabel konversi di atas. Hasil dari penghitungan ini bisa digunakan untuk membeli cincin sesuai dengan ukuran jari pria.

4. Menggunakan Benang

Selain kertas, benang juga bisa digunakan untuk mengetahui ukuran cincin pria dengan akurat. Caranya pun sama, namun bedanya, Passioners bisa menggunakan gunting untuk memotong benang setelah menentukan ukuran kelilingnya. Setelah itu, ukur panjang benang tersebut dengan penggaris, dan Passioners bisa mendapatkan ukuran cincin pria yang bisa dihadiahkan atau untuk dipakai sendiri.

5. Menggunakan Cincin yang Telah Ada

Cara terakhir ini bisa digunakan apabila Passioners pernah memiliki atau menggunakan cincin sebelumnya. Selain cincin, Passioners juga membutuhkan kertas pengukur jari dari Passion Jewelry yang bisa di-download dan di-print untuk mengetahui ukuran cincinnya. Caranya mudah, cincin yang sudah ada diletakkan dan disesuaikan di kertas tersebut, hingga menemukan ukuran cincin yang pas dan sesuai untuk digunakan kapanpun.

Tips Mengetahui Ukuran Cincin Pria dengan Akurat

Itulah lima langkah mengukur jari untuk pria sebelum memilih dan membeli cincin yang sesuai. Agar pengukuran jari lebih akurat, perhatikan beberapa tips mengukur jari ini:

  1. Jangan mengukur jari saat kondisi demam, flu, atau kedinginan. Kondisi tersebut membuat ukuran jari menjadi lebih besar atau lebih kecil dari biasanya.
  2. Sediakan ruang yang cukup untuk buku jari, sehingga Passioners tidak repot saat melepas cincin nantinya.
  3. Bisa jadi ada perbedaan dalam ukuran jari tangan kanan dan kiri. Jadi, lebih baik Passioners mengetahui lingkar jari kedua tangan tersebut.

Kalau sudah yakin dengan ukuran cincin yang telah diukur, barulah Passioners bisa bebas memilih model cincin yang sesuai. Sebagai informasi, Rizky Billar menggunakan model cincin Ashoka di hari pernikahannya dengan penyanyi Lesti Kejora. Cincin berlian rancangan Passion Jewelry ini memiliki desain yang gagah, dan bisa disesuaikan dengan ukuran cincin pria yang telah dibuat.

ASHOKA Diamond Wedding Ring CKF0092A (Rizky Billar Edition)

IDR 44,040,000

Descriptions & Detail

Presenting ASHOKA, the legendary diamond born for Power and Romance.

Exclusively designed for Rizky Billar and Lesty Kejora for their wedding and become their symbol of live.

Get your ASHOKA diamond wedding ring with your own customized name engraved on the ring now!

 

Specification

Diamond 1 = 0.5 TCW F/VS1

Panduan Memilih Cincin untuk Pria

Sangat jarang ditemukan pria yang senang memakai cincin sebelum mereka menikah. Pria yang selalu dikenal simpel dalam berpenampilan selalu berpendapat bahwa hanya jam tangan yang menjadi aksesoris harian mereka. Itu pun karena jam tangan juga memiliki nilai guna, yaitu sebagai penunjuk waktu. Tiba saatnya acara pertunangan dan pernikahan, mereka pun dihadapkan dengan kebingungan dalam mencari dan membeli cincin yang tepat.

Cincin bagi pria juga dianggap sebagai simbol status dan kedudukan di samping status pernikahan. Buktinya, beberapa pria yang menggunakan cincin jenis apapun sering dianggap memiliki kedudukan dan jabatan yang tinggi di bidangnya.

Selain jam tangan, cincin juga merupakan salah satu aksesoris yang cocok digunakan oleh pria. Cincin bisa melengkapi penampilan pria secara alami. Banyak pria yang memakai cincin dengan batu yang bervariasi dan tetap cocok dengan pakaian yang dikenakannya. Penampilan pria pun semakin elegan jika dilengkapi dengan cincin yang melingkari jarinya.

Cincin berlian juga menjadi salah satu pilihan cincin yang cocok dikenakan oleh pria. Ciri khas berlian yang jernih dan bening membuat penampilan pria semakin menarik. Kilau berlian yang dipantulkan bisa menambah kesan mewah pada pria, tentunya diimbangi dengan desain hoop cincin yang sederhana. Siapa juga yang nyaman menggunakan aksesoris yang berat dan mencolok setiap harinya?

Berlian juga merupakan salah satu batu alam yang paling berharga di dunia. Karakter berlian yang kuat dan tidak mudah dihancurkan pun identik dengan gambaran maskulinitas kaum adam. Tingkat kualitas berlian tertinggi yang menjadi incaran pria adalah flawless alias tanpa noda.

Pria yang hendak bertunangan atau menikah pasti mengalami kebingungan dalam membeli atau memilih cincin. Jangan khawatir, Passion Jewelry akan memberikan beberapa panduan dalam membeli cincin untuk kaum adam.

1. Pilih Lebar Cincin yang Diinginkan

Cincin pada pria umumnya dirancang dengan ukuran yang lebih lebar dibandingkan cincin wanita. Biasanya, lebar cincin pria pada umumnya terbagi menjadi tiga, yaitu ramping (4 mm), sedang (6 mm) dan lebar (8 mm). Pilihlah ukuran lebar cincin pria yang diinginkan di antara ketiga kategori tersebut sesuai dengan kenyamanan saat memakainya.

Beberapa pria memilih cincin dengan lebar minimal 4 mm. Lebar cincin hendaknya disesuaikan juga dengan panjang dan diameter jari pria supaya cincin tidak terlalu besar atau kecil saat digunakan. Buatlah pilihan lebar cincin yang matang dan sesuai dengan preferensi serta ukuran jari yang tepat.

2. Pilih Material Cincin Pria

Setelah memilih lebar cincin, langkah kedua yang harus dilakukan adalah memilih material cincinnya. Ada berbagai jenis material cincin, mulai dari perak, emas putih, rose gold, platinum, stainless steel, titanium dan sebagainya. Apapun pilihannya, berlian harus menjadi bintang utama dalam cincinnya. Berlian melambangkan kekuatan dan kesucian cinta, makna yang tepat menggambarkan hubungan pria dan wanita yang telah dijalani.

Passion Jewelry menyediakan tiga pilihan material untuk cincin, yaitu emas putih, rose gold, dan kombinasi antara keduanya. Perbedaan ketiga material tersebut hanya terletak pada warnanya. Emas juga merupakan logam mulia yang sifatnya timeless, sehingga bisa digunakan kapanpun dan tidak bergantung pada trennya. Hanya saja, emas membutuhkan perawatan ekstra karena kualitasnya berkurang akibat termakan usia dan pemakaian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih material cincin. Pertama, pilihlah material yang mudah di-resize. Alasannya, ukuran jari akan selalu berubah waktu demi waktu, sehingga cincin pun tidak muat lagi digunakan. Resize adalah salah satu cara yang dilakukan agar Passioners bisa terus memakai cincin pernikahan seumur hidupnya.

Pertimbangkan juga reaksi alergi yang muncul apabila menggunakan material tertentu. Material cincin biasanya mengandung campuran logam yang bisa membuat alergi, salah satunya nikel. Terakhir, pilihlah material logam yang tahan lama dan tidak mudah tergores, terutama jika Passioners banyak bekerja dengan tangan.

3. Pilih dan Tentukan Ukuran Cincin Pria

Lakukan pengukuran jari sebelum melakukan pembelian di jewelry store. Di atas sudah dijelaskan berbagai cara menghitung ukuran cincin yang bisa Passioners pilih. Pengukuran ini penting, sehingga cincin yang dipilih bisa digunakan dengan nyaman. Dengan kata lain, pengukuran cincin bisa menghindari resiko mendapatkan cincin yang terlalu longgar atau sempit.

Semakin lebar ukuran cincinnya, biasanya diameternya semakin sedikit dan membuat cincin lebih sempit saat dikenakan. Lakukan pengukuran dengan tepat sesuai panduan mengukur jari yang sudah Passion Jewelry jelaskan di atas.

4. Pilih Desain Cincin yang Tepat

Setelah menentukan ukuran dan material cincin, saatnya memilih gaya cincin yang hendak dibeli. Langkah ini memang memakan waktu yang lama karena Passioners akan diperhadapkan dengan variasi desain cincin yang diinginkan. Apalagi cincin ini akan dikenakan seumur hidup, jadi harus bisa memilih gaya yang timeless dan tidak mudah digerus tren.

Keuntungan hidup di zaman digital adalah kita bisa melihat galeri cincin pria di website toko berlian. Passion Jewelry juga memiliki galeri cincin pria digital yang bisa dilihat di situs web ini. Melihat beberapa desain yang tersedia akan membuat Passioners yakin dengan pilihan cincin yang ingin digunakan seumur hidup.

Galeri digital di Passion Jewelry juga dilengkapi dengan gambar detail setiap cincinnya. Jadi, Passioners bisa melihat cincin yang hendak dibeli secara rinci sebelum melakukan pembelian secara online.

5. Tetapkan Anggaran Pembelian Cincin

Pertunangan dan pernikahan memang merupakan momen sekali seumur hidup, jadi wajar saja jika membutuhkan biaya yang besar untuk cincinnya. Hanya saja, tetapkan anggaran secara tepat dan bijak saat membeli cincin berlian. Lakukan riset secara mendalam mengenai nilai dan kualitas berlian, dari situ Passioners bisa menentukan kisaran harga yang harus dikeluarkan untuk membeli cincinnya.

Momen sekali seumur hidup tidak harus jor-joran, terutama soal biaya. Lagipula, menjalani kehidupan pernikahan dan rumah tangga membutuhkan biaya yang lebih besar, jadi buatlah anggaran dengan bijak. Jangan mudah tergiur dengan desain cincin yang ada di galeri dan melakukan pembelian tanpa menimbang dulu mengenai harganya.

Kesimpulannya, membeli cincin harus dilakukan setelah mengetahui ukuran cincin pria yang tepat. Passion Jewelry menyediakan ragam cincin pria dalam berbagai model dan material yang bisa dipilih untuk hari bahagia Passioners. Sebelum membelinya, lakukan konsultasi terlebih dulu dengan Jewelry Consultant kami untuk mengetahui kualitas dan grading berliannya. Jewelry Consultant kami dengan senang hati akan melayani kebutuhan dan pertanyaan Passioners mengenai pembelian berlian.

Passion Jewelry juga memfasilitasi pengiriman yang aman dan berasuransi, sehingga kualitas berlian yang dikirim tetap terjaga. Kami menyediakan layanan pengiriman bebas ongkir ke seluruh Indonesia, jadi Passioners tidak perlu pusing memikirkan proses shipping-nya. Selamat berburu cincin pria di Passion Jewelry dan semoga berhasil mendapatkan cincin yang diinginkan.

Back to Top