Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Kenapa Harga Emas Muda Lebih Murah daripada Emas Tua?

 Saat Anda membeli perhiasan emas, Anda pasti sering mendengar istilah emas muda dan emas tua. Jika Anda termasuk pemain baru yang belum punya banyak pengalaman dalam jual beli perhiasan emas, Anda pasti masih asing dengan kedua istilah ini.

Namun satu hal yang pasti, harga emas muda berbeda dengan harga emas tua. Tentu saja perbedaan harga tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Agar Anda bisa mendapatkan harga emas terbaik, Anda harus tahu mengapa harga emas muda tidak sama dengan harga emas tua.

Membedakan Emas Muda dan Emas Tua

Faktor pertama yang menyebabkan perbedaan antara harga emas muda dan emas tua adalah kemurniannya. Kadar emas yang paling tinggi yang dijual di pasaran adalah 24 karat. Namun karena tingginya kadar emas, emas murni tidak bisa dibentuk menjadi perhiasan.

Oleh karena itu jika Anda membeli perhiasan emas, maka kadar tertinggi perhiasan biasanya adalah 18 karat. Ini karena pada kadar tersebut campuran logamnya cukup seimbang, yaitu mengandung emas sebesar 75%. Jika kandungan emas di atas angka tersebut, maka perhiasan masih sulit untuk dibentuk menjadi berbagai macam model.

Kadar Kemurnian Emas Muda

Sebuah emas disebut sebagai emas muda jika kadarnya sama dengan atau kurang dari 14 karat. Pada perhiasan 14 karat, kandungan emas murninya hanya 58,3% saja. Ini artinya, perhiasan tersebut mengandung banyak campuran logam lain seperti tembaga atau kuningan untuk membuatnya menjadi lebih kuat saat dibentuk.

Kadar emas muda yang paling rendah adalah 10 karat, dimana kandungan emasnya hanya mencapai 41,7%. Ini merupakan kadar perhiasan emas terendah yang dijual di pasaran. Perlu diketahui bahwa istilah emas muda dan emas tua hanya digunakan di Indonesia saja. Standar internasional menggunakan ukuran karat untuk mengetahui kadar kemurniannya.

Harga Emas Muda

Melihat kandungan emas murni yang ada di alam emas muda, tentu saja inilah yang menyebabkan mengapa harganya berbeda dengan emas tua. Harga emas muda per gram jauh lebih murah dibandingkan harga emas tua per gram.

Oleh karena itu, perhiasan emas muda atau yang kadarnya relatif rendah menjadi alternatif bagi mereka yang ingin membeli emas, namun budget-nya terbatas. Perbedaan lain antara keduanya adalah warna emas itu sendiri.

Emas muda yang komposisi bahan campurannya sangat tinggi akan memunculkan warna khas dari logam lainnya. Dari segi warna, perhiasan emas mudah memiliki variasi yang lebih beragam dibandingkan dengan emas tua. Emas muda juga lebih kuat dan tahan banting meskipun sering dipakai. Bentuknya tidak mudah berubah karena kandungan emasnya relatif rendah. 

Meskipun ada perbedaan kemurnian yang sangat besar antara emas muda dan emas tua, keduanya sama-sama merupakan pilihan yang bagus untuk dijadikan perhiasan. Saat membeli emas, pastikan Anda tahu kadar dan kemurniannya dengan pasti.

Toko perhiasan yang terpercaya akan memberikan informasi lengkap kepada calon pembeli tentang perhiasan yang dibeli. Jangan ragu untuk mempercayakan perhiasan Anda pada Passion Jewelry. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kemurnian perhiasan sebelum membelinya, sehingga Anda tidak perlu khawatir salah pilih.

Koleksi perhiasan Passion Jewelry sangat beragam mulai dari cincin, gelang, hingga kalung. Model perhiasan Passion Jewelry selalu diperbarui dari waktu ke waktu, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman.

  

Back to Top