Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Jenis-Jenis Batu Zamrud Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Batu Zamrud Yang Perlu Anda Ketahui

 Zamrud merupakan jenis batu mulia yang sejak zaman Mesir kuno sudah menjadi primadona perhiasan. Batu mulia yang satu ini dianggap sebagai perhiasan yang paling cantic, bahkan merupakan jenis permata yang disukai oleh Cleopatra. 

Karena sejarahnya yang panjang serta nilai estetikanya yang tinggi, tidak heran banyak orang yang berusaha memalsukan batu zamrud atau permata yang kerap disebut sebagai batu emerald ini.

Karena terkadang susah membedakan antara batu zamrud asli dengan batu zamrud palsu, kamu harus lebih hati-hati, lho! Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui keaslian jenis permata ini adalah dengan memeriksa inklusi batu. Biasanya zamrud asli memiliki cacat atau inklusi di bagian dalamnya karena ia terbentuk di alam. Selain itu, kamu juga dapat menemukan bentuk seperti sulur benang di dalam batu permata ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek warna zamrud milikmu. Jika warnanya hijau dengan nada pucat bahkan gelap, atau terkadang hijau kebiruan, maka kemungkinan besar itu adalah batu zamrud asli.

Nah bagi kamu yang memang tertarik untuk mengoleksi batu emerald ini, yuk kenali dulu jenis-jenis batu zamrud yang perlu ketahui dalam artikel ini!

 

Zamrud Zambia

Zambia adalah negara penghasil zamrud yang paling besar kedua di dunia. Bahkan terdapat hampir 20% batu zamrud yang tersebar di dunia berasal dari pertambangan di negara ini.

Zamrud Zambia memiliki karakteristik yang ditandai dengan warna hijau gelap dengan tekstur yang lebih tebal dibanding kebanyakan jenis zamrud lainnya di dunia. Serat yang terdapat di dalam permata ini juga berwarna hijau gelap.

Walaupun demikian, jenis batu zamrud yang satu ini tetap bisa memancarkan cahaya hijau yang cukup terang.

 

Zamrud Colombia

Zamrud Colombia bisa disebut sebagai jenis batu zamrud yang paling terkenal di dunia. Bagaimana tidak, jika 20% zamrud di dunia berasal dari Zambia, maka Colombia bahkan menghasilkan 50% pertambangan batu zamrud.

Karakteristik batu zamrud Colombia merupakan kebalikan dari zamrud Zambia. Zamrud yang satu ini memiliki warna hijau terang dengan serat di dalamnya yang juga memancarkan warna yang sama. Harganya juga cukup tinggi dibanding jenis zamrud lain. Per karatnya bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah.

 

Zamrud Brazil

Batu zamrud Brazil merupakan salah satu jenis zamrud yang paling populer. Cirinya ditandai dengan warna batu permata yang cukup netral, tidak segelap zamrud Zambia dan tidak seterang Zamrud Colombia.

Untuk bagian serat di dalam Zamrud Brazil, kamu juga akan menemukan warna dengan kontras yang berada di tengah-tengah antara zamrud Zambia dan zamrud Colombia.

 

Zamrud Cat’s Eye atau Mata Kucing

Jika di 3 poin sebelumnya kita berbicara tentang zamrud dengan penamaan yang mengikuti negara asalnya, kali ini kita berkenalan dengan zamrud dengan penamaan sesuai bentuk permatanya.

Pembentukan jenis batu zamrud yang satu ini diakibatkan karena adanya zat asam yang muncul dari sifat air dan memiliki kandungan sulfur perekat tertinggi selama beribu tahun.

Meskipun harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah, batu ini merupakan salah satu jenis batu zamrud yang paling banyak diburu. Hal ini dikarenakan keindahannya yang mengalahkan hampir semua jenis batu zamrud di dunia. Ia disebut Mata Kucing karena hadir dengan kesan corak yang misterius seperti bola mata kucing dengan efek lurus melintang di permukaan batu.

Tidak hanya itu, warna zamrud Mata Kucing juga beragam, mulai dari coklat kehitaman, abu-abu, kuning madu, hijau muda, dan sebagainya.

 

Demikian 4 jenis batu zamrud yang perlu kamu ketahui. Kamu berencana mengoleksi yang mana?

   

Back to Top