Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Jenis Batu Ruby Dan Berbagai Fakta Uniknya

Jenis Batu Ruby

 Batu Ruby sudah menjadi koleksi dambaan banyak orang sejak ribuan tahun yang lalu. Batu mulia Ruby yang juga kerap disebut sebagai batu merah delima oleh orang Indonesia ini kerap dilekatkan pada hal-hal gaib atau cerita-cerita mistis. Terlepas dari itu, keindahan warna yang ditawarkan oleh benda ini tetap membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mengoleksinya.

Berbeda dengan baru Zamrud yang warnanya cenderung hijau, batu Ruby memiliki warna yang cenderung merah mempesona. Warnanya yang terpancar dapat segera memikat mata siapapun yang melihatnya. Pada cincin, misalnya, meskipun batu Ruby-nya berukuran kecil, namun warna merahnya akan tetap terlihat.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengoleksi batu Ruby, sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa jenis batu Ruby dan berbagai fakta uniknya, agar kamu bisa memutuskan ingin mengoleksi batu Ruby jenis apa saja.

Yuk, baca artikel di bawah ini!

 

Batu Ruby Tanzania

Jenis batu Ruby yang satu ini merupakan salah satu jenis batu Ruby yang paling terkenal dengan kualitasnya yang sangat bagus. Warna merahnya yang cenderung jernih dan mampu menyejukkan mata hampir mirip dengan batuan garnet sehingga agak sulit membedakan antara keduanya.

Uniknya, batu Ruby Tanzania ini memiliki karakteristik di mana semakin kecil batunya, maka semakin terang cahaya yang dipancarkan. Hal ini juga berpengaruh dengan harganya yang semakin tinggi.

 

Batu Ruby Madagaskar

Duh, siapa sih yang tidak pernah mendengar Baru Ruby Madagaskar? Jenis baru Ruby ini sangat muda ditemukan dalam berbagai ukuran, bentuk, serta kualitas potongan lho!

Berbeda dengan Ruby Tanzania yang cenderung berwarna terang, Ruby Madagaskar memiliki warna yang sedikit lebih gelap. Terkadang kamu bisa menemukannya dengan warna merah mudah atau oranye kemerahan. Ia merupakan jenis batu Ruby yang paling banyak diburu oleh kolektor karena harganya yang lebih terjangkau dibanding beberapa jenis batu Ruby unik lainnya.

 

Batu Ruby Burma

 

Ruby Burma atau Ruby Myanmar dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik dari kebanyakan Ruby yang populer di dunia. Bahkan banyak kolektor batu mulia Ruby percaya bahwa Ruby Burma memiliki kualitas nomor satu.

Warna yang dimiliki oleh Ruby Burma sangatlah beragam. Kamu bisa menemukan jenis batu Ruby ini dalam warna merah merah terang, merah muda, merah kebiruan, merah darah, hingga merah kecoklatan. Warnanya yang bervariatif membuat Ruby Burma digolongkan sebagai salah satu jenis batu Ruby termahal di dunia.

 

Batu Ruby Thailand

Satu lagi jenis baru Ruby yang berasal dari Asia Tenggara, Batu Ruby Thailand! Kualitas batu Ruby yang satu ini juga terkenal unggul, lho! Jadi tidak heran jenis baru Ruby ini selalu dimasukkan ke dalam daftar Ruby yang diburu oleh para kolektor-kolektor batu mulia dunia.

 Batu Ruby Thailand memiliki warna merah kecoklatan karena besarnya kandungan kromium, mineral penghasil warna merah, dan zat besi, zat yang membuatnya berwarna coklat atau sedikit agak gelap.

Meskipun popularitas Ruby Thailand masih lebih kecil dibanding Ruby Burma atau Myanmar, Ruby Thailand tetap banyak dicari karena warnanya yang unik. Perpaduan warna tersebut sekaligus menjadi alasan mengapa di Indonesia jenis Ruby ini juga dikenal sebagai “Ruby siam”.

 

Batu Ruby India

Meskipun dari segi harga Batu Ruby India memiliki harga yang lebih rendah, namun dari segi keindahannya, batu mulia ini tidak kalah dengan jenis batu Ruby yang lain, lho!

Batu Ruby India hadir dengan warna merah kehitaman, Karena harganya yang lebih murah dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar, jenis batu Ruby yang satu ini kerap dijadikan sebagai perhiasan sehari-hari.

Setelah mengenal beberapa jenis batu Ruby dan fakta beserta karakteristik uniknya, kamu ingin mengoleksi jenis baru Ruby yang mana?

   

Back to Top