Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Hai, Calon Manten! Berikut Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan yang Wajib Kamu Tahu

Membahas tentang pernikahan, apakah kamu punya rencana menikah dalam waktu dekat? Jika iya, maka banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk mewujudkan acara pernikahan yang kamu dambakan. Yups, ini berkaitan erat dengan biaya yang kamu siapkan untuk acara pernikahan.

Ketika kamu berniat menggelar pernikahan, kamu harus siap dengan berbagai macam biayanya. Sekalipun kamu menginginkan acara sederhana, tetap saja biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Kalau begitu, apa saja biaya yang harus disiapkan?

Simak contoh rincian anggaran biaya pernikahan yang perlu kamu tahu berikut ini ya!

  1. Seserahan

Pemberian seserahan dari mempelai pria kepada wanita adalah tradisi yang tidak boleh dilupakan. Isi dari seserahan biasanya adalah perlengkapan ibadah, pakaian, pakaian dalam, sepatu, makeup, peralatan mandi, tas, hingga makanan. Besarnya biaya seserahan lengkap minimal adalah Rp 3-5 juta. Semakin beragam seserahan, maka semakin besar pula biayanya.

  1. Mahar pernikahan

Mahar berbeda dengan seserahan lho. Mahar didefinisikan sebagai harta yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Bentuk mahar sangat beragam, sesuai dengan kesepakatan calon pengantin. Biasanya mahar berupa logam mulia emas hingga uang tunai. Biaya mahar dapat diestimasikan mulai dari Rp 1 juta rupiah.

  1. Akad nikah

Ini merupakan prosesi yang paling penting dalam pernikahan. Jika kamu memilih menikah di KUA, itu tanpa biaya alias gratis. Namun kamu akan dikenakan biaya tambahan jika ingin melangsungkan akad nikah di luar KUA. Biaya KUA sekitar Rp 600 ribu, belum termasuk biaya penghulu.

  1. Cincin kawin

Cincin kawin adalah simbol dari pernikahan itu sendiri. Calon pengantin biasanya akan bingung menentukan model dan bahan cincin kawin mereka. Harga cincin kawin sangat beragam, tergantung dari berat cincin. Namun sebaiknya kamu siapkan dana sekitar Rp 5 juta untuk sepasang cincin kawin dari emas. Calon pengantin biasanya memilih batu berlian untuk menghiasi cincin mereka, karena berlian dikenal sebagai lambang dari keabadian.

  1. Sewa gedung

Resepsi pernikahan yang ideal diselenggarakan di gedung. Selain lebih luas, kamu tidak perlu repot membersihkannya setelah acara usai. Biaya sewa gedung bervariasi, tergantung dari besarnya gedung, tempatmu mengadakan acara, dan waktu pemesanan.

Apabila kamu melangsungkan resepsi di kota kecil, biaya gedung yang harus disiapkan mulai Rp 5 juta. Namun jika kamu mengadakan acara di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, biaya sewa gedung bisa mencapai Rp 30 juta!

  1. Katering dan dekorasi

Katering dan dekorasi adalah 2 hal yang tidak boleh dilupakan. Sekalipun kamu menggelar acara yang sederhana, kamu harus menyajikan hidangan terbaik untuk para tamu. Perlu kamu ketahui, katering biasanya memakan 40% keseluruhan biaya acara pernikahan. Besarnya tergantung dari 2 kali lipat jumlah tamu yang diundang. Misalnya untuk 500 undangan dengan budget Rp 30 ribu per orang, maka dana yang harus disiapkan adalah Rp 30 juta.

  1. Undangan dan suvenir

Biaya undangan bisa kamu pangkas karena menyebar undangan online kini menjadi sebuah tren. Kamu hanya perlu membayar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu saja untuk undangan jenis ini. Namun tidak untuk suvenir. Tinggal tentukan saja budget suvenir lalu kalikan dengan undangan yang kamu sebar. Misal per biji suvenir adalah Rp 10 ribu, maka total dana yang harus disiapkan untuk 500 undangan adalah Rp 5 juta.

  1. Baju dan rias pengantin

Jika kamu tidak punya dana berlebih, tidak perlu membeli baju pengantin. Cukup sewa saja untuk akad dan resepsi. Ini tentu lebih murah dibandingkan dengan harus membuat atau membeli. Sewa baju pengantin biasanya sudah sepaket dengan riasnya mulai dari Rp 7 juta.

  1. Dokumentasi

Kamu tentu ingin momen pernikahanmu selalu abadi bukan? Siapkan dana khusus untuk dokumentasi. Jika menyewa jasa fotografer dan videografer profesional terlalu mahal, minta tolong saja pada temanmu yang punya keahlian fotografi. Dijamin ini akan membantumu merampingkan pengeluaran. Dana yang harus disiapkan untuk dokumentasi mulai dari Rp 5 juta, tergantung dari lokasi dan konsepnya.

  1. Wedding organizer

Ini bukan biaya wajib tapi harus diperhitungkan jika kamu ingin menggunakan jasa WO. Kisaran biaya yang harus dikeluarkan mulai Rp 7 juta sampai Rp 25 juta, tergantung dari besarnya pesta yang akan digelar. Tetapi kalau kamu lebih suka mengurus pernikahanmu sendiri, tidak pakai WO juga tidak masalah kok!

Back to Top