Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Apa Saja Ciri-Ciri Batu Ruby Asli?

Batu Ruby Asli

Kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah batu ruby. Jenis batu permata yang satu ini juga dikenal dengan istilah "batu merah delima" di Indonesia. Hal ini dikarenakan batu ruby biasanya memiliki warna yang sangat khas. 

Kecantikan dan warna merahnya yang memancar terang membuat banyak orang sangat ingin memiliki batu permata yang satu ini. Namun sayang, batu ruby asli biasanya dijual dengan harga yang sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari alternatif lain dengan membuat imitasi atau tiruan dari batu ruby asli. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang senang mengoleksi batu permata dan berencana membeli batu ruby, kamu harus berhati-hati dan jeli untuk melihat apakah batu ruby tersebut asli atau palsu. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui apa saja sih ciri-ciri batu ruby asli.

Simak artikel di bawah ini ya!

Ketahanan batu ruby asli

Batu ruby asli mempunyai tingkat ketahanan yang sangat tinggi. Kekerasannya mencapai 9,0 skala Mohs. Batu ruby sendiri adalah jenis batu permaya yang terbentuk dari korundum mineral, yakni sebentuk kristal aluminium oksida yang ternyata adalah salah satu jenis mineral paling kuat dan tahan di bumi.

Jika kamu mencoba menggoreskan baja ke permukaan batu ruby asli, batu permata ini tidak akan mengalami menyisakan goresan sedikitpun.

Warna batu ruby asli

Batu Ruby asli memiliki warna merah yang cerah dan bersinar. Sebaliknya, batu ruby palsu biasanya memiliki warna merah yang kusam. Ia tidak menghasilkan pancaran warna merah. Jika kebetulan kamu melihat seseorang menawarkan batu permata yang disebutnya sebagai batu ruby, namun warnanya merah gelap, itu kemungkinan adalah batu garnet, bukan bwtu ruby. 

Batu ruby asli memiliki serat batu

Jika diamati dengan menggunakan kaca pembesar, batu ruby asli dan batu ruby palsu sangatlah mudah untuk dibedakan.

Biasanya batu ruby palsu, yakni batu permata sintesis yang diciptakan di dalam laboratorium, tidak memiliki kecacatan. Kecacatan yang dimaksud adalah berupa serat batu.

Sebaliknya, batu ruby asli terdiri dari kecacatan (crack). Hal ini sangat wajar karena batu ruby asli dibentuk di alam. 

Ciri-ciri lain yang bisa membedakan antara batu ruby asli dan batu ruby palsu adalah gelembung di dalam batu. Jika kamu melihat gelembung dalam batu ruby, kemungkinan itu adalah batu ruby palsu. 

Batu ruby asli bersifat meneruskan cahaya

Coba arahkan sinar senter ke batu ruby milikmu. Jika batu tersebut meneruskan sinar dan memantulkan cahaya, kemungkinan besar itu adalah batu ruby asli.

Batu ruby asli memantulkan sinar

Pantulan sinar yang dihasilkan oleh batu ruby asli terkadang akan membentuk sinar six-point star atau sinwr berbentuk bintang, atau three-ray. Bentuk pantulan sinar tersebut dihasilkan dari serat yang terdapat dalam batu ruby asli.  

Harga batu ruby asli

Kita memang cenderung tergiur dengan harga barang-barang yang lebih murah. Ingat, batu ruby asli adalah batu permata yang langka, kuat, dan berkualitas. Di manapun ia pasti dijual dengan harga yang sangat tinggi. Jika kamu mendengar seseorang menjual batu ruby dengan harga rendah, sebaiknya kamu berhati-hati. Kemungkinan itu adalah batu ruby palsu. 

Sertifikat keaslian

Jika ingin membeli batu ruby asli, terutama dari toko perhiasan atau dari orang-orang tertentu, pastikan batu ruby tersebut memiki sertifikat yang menyatakan keasliannya. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang banyak untuk batu permata palsu!

Itulah beberapa ciri-ciri batu ruby asli. Sekarang kamu tertarik dan sudah siap membeli batu ruby asli?

Back to Top