Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Tetap Jaga Kemilau Cincin Kawin Meskipun Sudah Bertahun-Tahun Dengan Cara ini

cincin kawin

Banyak dari pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun menikah, semakin lama semakin malas menggunakan cincin kawin mereka dengan alasan bahwa cincin tersebut sudah tidak berkilau lagi seperti saat awal-awal mereka menikah. Dan bahkan ada yang mengatakan bahwa cincin kawin yang sudah tidak berkilau lagi bisa dijadikan perumpaan sebuah pernikahan yang tidak harmonis lagi. Benarkah demikian?

Tentu saja ini tidak benar! Hilangnya kemilau dari sebuah cincin kawin berlian sekalipun hanya diakibatkan oleh usia pakai dan kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Untuk itu, agar Anda kembali bergairah menggunakan cincin kawin lama Anda, berikut Passion Jewelry akan membagikan beberapa cara singkat, agar cincin kawin Anda tetap terlihat berkilau meski sudah dikenakan selama bertahun-tahun, diantaranya adalah:

 

Rutin melepas cincin kawin pada saat melakukan kegiatan kasar

Faktor pertama yang membuat cincin kehilangan kemilaunya adalah karena tetap digunakan meskipun saat melakukan kegiatan kasar sekalipun. Jadi cobalah untuk melepas sejenak cincin tersebut dan meletakkan di tempat yang aman, saat Anda sedang melakukan aktifitas fisik yang berat. Karena seperti yang kita ketahui, berbagai macam aktifitas kasar bisa membuat cincin kawin Anda tergores dan perlahan kehilangan kemilaunya.

 

Melakukan perawatan ringan disaat waktu senggang

Daripada Anda hanya mengeluh tentang cincin kawin yang sudah mulai memudar, maka sangat disarankan kepada Anda untuk meluangkan waktu senggang Anda sebentar untuk melakukan perawatan ringan terhadap cincin yang dimiliki. Perawatan di saat senggang ini bertujuan untuk membersihkan debu ataupun kotoran ringan yang ada di cincin.

 

Rutin melakukan perawatan khusus setiap tahunnya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda tak hanya perlu melakukan perawatan harian, tetapi juga perawatan secara khusus yang dilakukan oleh profesional atau ahli  setiap tahunnya. Karena pada dasarnya, setiap cincin kawin yang digunakan secara terus menerus selama setahun lebih maka akan menimbulkan banyak kotoran di tempat yang sulit dijangkau dan harus menggunakan alat-alat khusus. 

 

Memperhatikan tempat dimana Anda meletakkan cincin

Cincin kawin memang tidak selalu dikenakan, contohnya saat mandi. Anda tentu harus melepasnya bukan? untuk itu, perhatikan juga dimana Anda harus meletakkan cincin ketika sedang tidak dikenakan. Pastikan tempat tersebut bebas dari debu, dan tidak berada di suhu panas tertentu ataupun terlalu dingin, seperti misalnya didekat kompor ataupun dibawah AC. Selalu pastikan Anda tidak meletakkan cincin di tempat yang jorok ataupun lembab.

Dalam upacara pernikahan, terdapat sebuah prosesi yang tidak boleh terlewatkan, yakni pertukaran cincin kawin. Cincin tersebut biasanya disematkan oleh suami kepada istri di jari manis, begitu juga sebaliknya. Sedangkan, untuk pengenaan cincin kawin di tangan sebelah mana, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengenakannya di jari manis tangan kiri. Hal ini dikarenakan orang lebih sering menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas dibanding tangan kiri.

Namun, pengenaan cincin kawin ini tentunya tergantung pada preferensi personal Anda, tetapi mengenakannya sesuai tradisi adalah salah satu cara yang unik dalam melambangkan hubungan yang telah terikat dengan komitmen. Berikut ini cerita tradisi unik pengenaan cincin kawin di tangan kiri menurut berbagai budaya.

 

Kepercayaan Yunani Kuno

Tradisi pengenaan cincin kawin di jari manis tangan kiri pertama kali muncul pada zaman Yunani kuno. Pada saat itu, orang percaya bahwa pembuluh darah yang terletak di jari manis tangan kiri menuju langsung ke hati. Pembuluh darah tersebut kemudian disebut sebagai 'vena amoris' atau vein of love. Secara alami, mereka percaya bahwa atas dasar pernyataan cinta, mereka meletakkan cincin kawin, yang digunakan berdasarkan cinta ini di jari manis tangan kiri sebagai penanda romansa hubungan wanita dan pria.

Walaupun kemudian para ahli membuktikan bahwa hal ini tidak benar secara ilmiah, tetapi hal ini merupakan representasi yang cukup romantis sebagai simbol terhubungnya dua hati dari dua manusia.

 

Kepercayaan Islam

Pada budaya Arab dan Islam juga ternyata mengenal pemakaian cincin kawin di jari manis tangan sebelah kiri seperti Nabi Muhammad Saw, dengan batu mata yang berada di bagian telapak tangan. Menggunakan cincin di tangan kiri juga dipercaya untuk dapat melindungi cincin dari kerusakan, karena tangan kanan lebih sering digunakan dibandingkan dengan tangan kiri.

 

Kepercayaan China

Masyarakat China percaya pada simbol-simbol jari dengan orang-orang terdekat. Seperti jempol yang melambangkan orangtua, telunjuk melambangkan saudara, jari tengah melambangkan diri sendiri, jari manis melambangkan pasangan, dan jari kelingking melambangkan anak-anak Anda nantinya.

 

Ternyata cukup banyak teori mengenai asal-usul pemakaian cincin kawin di tangan kiri. Manapun yang Anda percaya, sama sekali bukan masalah. Semua itu kembali kepada preferensi personal Anda. Untuk mendapatkan koleksi perhiasan cincin kawin dengan tren perhiasan terbaru di Indonesia, Anda bisa langsung mengunjungi Passion Jewelry di passionjewelry.co.id. Di Passion Jewelry menawarkan berbagai jenis cincin kawin dengan tipe diamond seperti Diamond Wedding Ring CKS0196 dengan harga Rp 2.404.606. Untuk harga lengkap cincin kawin Anda bisa kunjungi link berikut ini

 

Kesimpulan

Kemilau cincin kawin yang sudah bertahun-tahun masih bisa dikembalikan dengan ketekunan serta perawatan yang rutin terhadap cincin Anda. Jika cincin berlian tersebut sudah terlalu kusam, maka tak ada salahnya untuk menggantinya dengan cincin yang baru dari Passion Jewelry. Temukan berbagai koleksi cincin kawin terbaru hanya  di www.passionjewelry.co.id

 

Lihat Juga :

Harga Cincin Tunangan

Harga Cincin Pernikahan

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,
All Item Ready Stock

Back to Top