Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Perhiasan untuk Pernikahan

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Perhiasan untuk Pernikahan

Beli Cincin Tunangan - Membeli perhiasan merupakan sebuah ritual wajib bagi para pasangan pengantin, baik hanya untuk sekedar membeli cincin kawin atau satu set perhiasan untuk seserahan. Namun, banyaknya model, bentuk, dan jenis perhiasan seringkali membuat bingung dalam memilih. Untuk itu, berikut ini adalah tips yang perlu Anda ketahui saat memilih perhiasan untuk keperluan pernikahan seperti yang dikutip dari All Women Stalk ini.
 

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Logam Berharga

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat perhiasan terdapat berbagai jenis. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu bahan-bahan tersebut sebelum Anda membeli perhiasan. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan dalam membuat perhiasan.

  • Emas

Emas merupakan pilihan bahan yang paling populer dan klasik untuk cincin pertunangan dan cincin kawin. Bahan emas sendiri memiliki tingkat karat yang bervariasi (semakin tinggi tingkat karat, maka semakin besar persentase emas) dan bisa juga diubah menjadi berbagai warna.

  • Emas Putih

Bahan emas putih ini adalah bahan perhiasan yang cenderung tampak lebih modern dan cocok dipakai untuk berbagai warna kulit. Oleh karena itu, harga emas putih jauh lebih mahal dibandingkan dengan bahan emas.

  • Palladium

Bahan palladium ini adalah bahan yang masih tergolong dalam keluarga emas putih. Bahan palladium ini memiliki tektur yang lebih padat dan tahan goresan jika dibandingkan emas, namun tidak lebih tahan lama daripada emas putih. Untuk Anda yang memiliki kulit yang sensitif dan mudah alergi, maka sebaiknya memilih perhiasan dengan bahan palladium ini karena bahan palladium ini tidak menimbulkan alergi pada kulit, berwarna lebih putih daripada emas maupun emas putih, dan lebih murah daripada emas putih.

  • Titanium

Bahan titanium ini termasuk ke dalam bahan perhiasan yang tidak mahal dan tahan lama. Namun, bahan titanium ini tidak dapat diubah kembali ukurannya dan pembuatannya termasuk mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus.
 

Mengetahui Tempat yang Tepat untuk Membeli Perhiasan

Perhiasan dapat Anda dapatkan di toko perhiasan secara langsung maupun secara online. Jika Anda memutuskan untuk membeli perhiasan secara langsung, maka Anda perlu memastikan bahwa toko tersebut memiliki peraturan pengembalian serta garansi dan sertifikasi perhiasan yang jelas. Tetapi, jika Anda memutuskan untuk membeli perhiasan secara online, maka perlu bagi Anda mencari penjual yang menawarkan jasa mendesain cincin sendiri dan memberikan pelayanan bebas biaya pengiriman, serta mencantumkan nomor kontak yang lengkap.
 

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dari sekian banyak Jakarta jewelry store yang ada, maka Passion Jewelry adalah pilihan tempat membeli perhiasan yang paling tepat bagi Anda. Hal ini dikarenakan Passion Jewelry adalah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Selain itu, Passion Jewelry ini adalah butik perhiasan berlian yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan telah memiliki 7 butik yang berada di dalam dan luar Jakarta. Fasilitas-fasilitas pelayanan yang diberikan Passion Jewelry seperti layanan pencucian perhiasan, pengencangan batu berlian, poles, dan ring size akan membuat Anda semakin merasa dimanjakan. Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih dan membeli perhiasan untuk momen pernikahan atau pertunangan Anda, Passion Jewelry pun menyediakan layanan berupa konsultasi dengan Jewelry Consultant yang selalu siap memberikan solusi dalam memilih perhiasan berlian dan membelinya secara online. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.
 

Mengetahui 4C dalam Berlian

4C dalam berlian yang dimaksud adalah Carat (karat), Color (warna), Clarity (kemurnian), dan Cut (potongan). Sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan seperti cincin dengan berlian, pastikan terlebih dahulu berlian tersebut memiliki kualitas terbaik, namun tetap sesuai dengan budget Anda dan faktor 4C yang baik.
 

Mengetahui Pengaturan Dasar Cincin

Perhiasan cincin memiliki pengaturan dasar yang beragam. Berikut ini adalah beberapa pengaturan cincin yang perlu Anda ketahui sebelum membeli cincin kawin maupun cincin tunangan Anda dan pasangan.

  • Prong

Bentuk ini adalah bentuk yang paling populer dengan pengaturan berlian seakan 'digenggam' di tengah oleh beberapa 'cakar' sehingga membuat cincin tersebut terlihat berkilau dan sempurna dari segala sudut.

  • Pave

Bentuk ini adalah bentuk pengaturan dimana berlian kecil yang ada dalam cincin seakan dibuat menyatu dan rata dengan keseluruhan cincin tersebut.

  • Channel

Pengaturan cincin yang satu ini menaruh berlian di antara logam dan pelapisnya.

  • Bezel

Pengaturan cincin dengan bentuk Bezel ini merupakan bentuk dimana berlian dilindungi secara aman dengan pelek atau dinding-dinding logam sehingga cocok untuk orang yang mempunyai keseharian aktif.

  • Tension

Pengaturan tension adalah pengaturan cincin secara modern yang meletakkan berlian di antara ujung-ujungnya.
 

Mengetahui Bentuk Berlian yang Populer



Bentuk yang dimaksud bukan hanya sebatas potongan berlian saja, tetapi tampilan keseluruhan dari berlian tersebut. Beberapa bentuk berlian yang dapat Anda temui pada cincin antara lain: oval, marquise (bentuk memanjang dengan ujung yang runcing), pear (menyerupai bentuk tetesan air mata), heart (hati), emerald cut (berbentuk seperti persegi panjang atau kotak dengan potongan di ujungnya), princess cut (bentuk kotak dengan sudut berkilauan dan tajam), asscher cut (kotak dengan ujung pendek), dan baguette cut (persegi panjang dengan sisi panjang dan sudut tajam).
 

Itulah 5 hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli perhiasan untuk momen pernikahan atau pertunangan Anda. Jangan pernah ragu untuk mengunjungi store-store Passion Jewelry terdekat atau mengakses website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id untuk mendapatkan cincin kawin atau pertunangan sesuai yang Anda inginkan.

Back to Top