Close

Search Product

Perbedaan Cincin Nikah dan Cincin Tunangan

Perbedaan Cincin Nikah dan Cincin Tunangan

Ketika sebuah hubungan sudah menuju ke jenjang yang lebih serius, maka terdapat dua opsi pilihan. Pilihan pertama bertunangan terlebih dahulu, setelah cukup siap secara jasmani dan rohani dilanjutkan dengan pernikahan. Sedangkan, pilihan kedua langsung melakukan pernikahan. Kedua opsi pilihan tersebut merupakan pilihan yang sama-sama serius dan memiliki sebuah persamaan, yaitu penggunaan cincin pada saat acaranya. Namun, apa sih perbedaan cincin nikah dan cincin tunangan? Berikut beberapa perbedaan cincin nikah dan cincin tunangan dari letak penggunaan cincin di jari hingga makna yang terkandung di dalamnya.

 

  1. Letak penggunaan cincin

Pada umumnya di Indonesia, cincin tunangan digunakan di jari manis tangan kiri dan cincin nikah digunakan di jari manis tangan kanan. Namun di budaya barat, seperti di Amerika cincin tunangan dan cincin nikah sama-sama digunakan di jari manis tangan kiri, sehingga jika melakukan pertunangan sebelum menikah, maka mempelai wanita akan memindahkan cincin tunangan ke jari manis tangan kanan untuk sementara. Setelah selesai upacara pernikahan baru cincin tunangan dikembalikan ke jari manis tangan kiri.

 

  1. Berlian yang digunakan

Pembeda utama yang ada di cincin kawin dan cincin tunangan adalah terletak pada besar berlian yang digunakan. Pada umumnya, berlian pada cincin tunangan lebih besar dibandingkan dengan berlian yang ada pada cincin nikah. Bentuk berlian pada cincin nikah biasanya lebih kecil dan tidak terlalu menonjol, karena hanya digunakan sebagai pemanis dan agar terlihat lebih elegan.

 

  1. Makna pemberian cincin

Pemberian cincin tunangan dan cincin nikah memiliki arti yang sama-sama besar dan mendalam, namun keduanya memiliki makna yang berbeda. Pemberian cincin tunangan memberikan makna berupa simbol keterikatan dan komitmen untuk tetap bersama-sama sampai hari pernikahan, serta sebagai pengingat dan menunjukkan ke orang lain bahwa tak lama lagi dirinya akan menikah. Sedangkan, pemberian cincin nikah adalah sebagai simbol pengikat janji sehidup-semati yang melambangkan kebersamaan yang abadi dan komitmen yang tidak akan hancur, terutama oleh masalah kecil yang menghadang dan menjadi rintangan dalam hubungan pernikahan

 

Itulah beberapa perbedaan cincin nikah dan cincin tunangan dari letak penggunaan cincin di jari hingga makna yang terkandung di dalamnya. Bagi Anda yang sedang merencanakan acara pertunangan atau pernikahan, maka Anda dapat memperoleh berbagai model cincin tunangan atau cincin kawin yang Anda inginkan melalui Passion Jewelry. Passion Jewelry adalah sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Melalui Passion Jewelry, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi terbaru dan terlengkap terkait harga cincin tunangan, harga cincin pernikahan, dan harga cincin berlian. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.

 

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock 

Back to Top