Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Ini Nih Bedanya Cincin Nikah dan Tunangan

Ini Nih Bedanya Cincin Nikah dan Tunangan

Ketika hubungan semakin ke tahap yang lebih serius, setiap pasangan pun mempersiapkan diri untuk menentukan langkah ke hubungan yang selanjutnya. Baik itu memilih untuk bertunangan terlebih dulu atau justru langsung menikah. Namun bagi yang memilih untuk bertunangan terlebih dahulu, tentu penasaran dan bertanya, apa saja perbedaan cincin pernikahan dengan cincin tunangan? Berikut ini penjelasannya.

 

Pandangan Tentang Cincin Pernikahan dan Pertunangan

Menurut budaya barat, saat seorang lelaki melamar perempuan, lalu ia setuju menikah dengannya, pada waktu itulah cincin tunangan akan tersemat di jari tangan si perempuan. Sementara pihak lelaki biasanya tidak memakai cincin pertunangan.

Di negara Indonesia sendiri, sebenarnya ada 2 cara yang berbeda. Cara yang pertama, pasangan sama-sama memakai cincin pertunangan pada saat acara tukar cincin atau lamaran yang disaksikan oleh keluarga masing-masing. Ada juga cincin pertunangan yang hanya dipakai oleh si perempuannya saja. Cincin pertunangan tersebut mempunyai makna sebagai bukti komitmen atau simbol keterikatan agar selalu bersama sampai hari pernikahan, sekaligus menunjukkan bahwa dirinya tidak lama lagi menikah.

Baca Juga: Cincin Tunangan Unik

Pada budaya barat sendiri, biasanya cincin pertunangan dipakai perempuan di tangan kiri tepatnya di jari manis. Cincin bisa saja terbuat dari perak, platina atau emas yang berlapiskan berlian dengan kadar yang sedang atau besar di bagian tengahnya. Adapun pemilihan berlian ini melambangkan batu yang paling berharga, bahkan dipercaya tidak akan lekang oleh waktu. Sementara cincin pernikahan adalah cincin yang biasa diberikan oleh pihak pria kepada perempuan dan sebaliknya, dari perempuan kepada pihak pria saat upacara pernikahan berlangsung. Adapun fungsinya ialah sebagai simbol untuk pengikat janji. Umumnya, cincin kawin memiliki desain polos tidak menggunakan hiasan berlian dan umumnya terbuat dari perak atau emas, tapi kini tak sedikit pula yang menerapkan batu berlian di cincin tersebut.

Jadi, karakter utama dari cincin pernikahan sebagai pembeda utama dari cincin pertunangan ialah tak adanya lapisan berlian yang berukuran besar di bagian tengah cincin. Biasanya bentuk berlian tidak menonjol, lebih kecil, dan sifatnya hanya sebagai pemanis saja. Akan tetapi, kini telah bermunculan tren baru bernama stacking yang artinya penumpukan. Dimana para pengantin perempuan memilih memakai kedua cincin kawin dan cincin tunangan secara bersamaan di jari manis dan jari tengah. Sedangkan, sebagian lainnya menumpuk atau menyatukan kedua cincin menjadi satu.

Simak Juga: Cincin berlian Wanita

 

 

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top