Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Ini Bedanya Tunangan dan Lamaran

Ini Bedanya Tunangan dan Lamaran

Bagi pasangan yang memutuskan untuk menjalani hubungan yang serius dan berlanjut ke jenjang yang lebih lanjut, maka mereka umumnya akan dihadapkan pada suatu tradisi yang dinamakan dengan tunangan atau lamaran. Tetapi, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui perbedaan dari kedua tradisi ini dan menganggap tunangan sama dengan lamaran. Berikut ini adalah penjelasan persamaan dan perbedaan antara tradisi tunangan dan lamaran.
 

Secara bahasa, keduanya mempunyai arti yang terdengar serupa, namun tidak sama. Tunangan atau bertunangan merupakan berjanji menjadi suami-istri, yang umumnya dilaksanakan di depan orang banyak. Sedangkan lamar atau melamar merupakan minta atau meminang seseorang untuk menjadi pengantinnya. Baik tunangan maupun lamaran, keduanya sama-sama menyematkan cincin di jari manis sang pasangan wanita, kadang juga di jari kedua calon pengantin. Karena hal inilah, banyak yang menduga bahwa tunangan dan lamaran merupakan hal yang sama.
 

Namun, ada beberapa kalangan yang menganggap jika keduanya berbeda. Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa ikatan atau komitmen dari pertunangan tidak sekuat lamaran, sehingga banyak yang merekomendasikan untuk melewatkan tunangan dan langsung pada proses melamar, yang memiliki upacara adat yang harus dituruti serta hantaran penuh makna yang perlu dibawa dalam acara lamaran. Sedangkan, tunangan hanya momentum penyematan cincin tunangan di jari manis tangan kiri pasangan di hadapan orangtua kedua belah pihak. Pertunangan ini pun dianggap sebagai perubahan status hubungan dari pacaran menjadi lebih serius. Namun, sesudah bertunangan, pasangan tetap perlu melakukan proses lamaran.
 

Sedangkan di kehidupan nyata, dalam masa pra-nikah, pasangan lebih memilih melaksanakan proses lamaran terlebih dahulu yang mempertemukan orangtua kedua belah pihak. Pada peristiwa inilah, orangtua pihak pria akan menanyakan kesiapan calon istri dan calon besan. Sesudah melaksanakan proses lamaran dan menempuh kesepakatan, maka barulah dilaksanakan acara pertunangan. Jalan acara pertunangan pun diselimuti tradisi dari suatu daerah, penyerahan hantaran, dan pemasangan cincin.
 

Jadi, apa perbedaan antara tradisi tunangan dan lamaran? Jawabannya ada pada diri Anda dan pasangan. Untuk Anda yang sedang mencari cincin tunangan untuk melengkapi acara pertunangan Anda, maka Anda dapat memperolehnya melalui Passion Jewelry. Passion Jewelry merupakan sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Tidak hanya itu, Passion Jewelry juga menyediakan referensi berbagai cincin tunangan unik dan cincin kawin beserta dengan berbagai informasi terbaru terkait harga cincin tunangan dan harga cincin pernikahan terlengkap. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.

 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

 

Back to Top