Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

8 Fakta Menarik di Balik Pernikahan Kerajaan di Seluruh Dunia (Part 1)

8 Fakta Menarik di Balik Pernikahan Kerajaan di Seluruh Dunia (Part 1)

Meghan Markle dan Pangeran Harry tengah menjadi sorotan dunia terkait acara pernikahan royal wedding kerajaan Inggris yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 19 Mei yang lalu. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membahas seputar pernikahan kerajaan di seluruh dunia. Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik dari pernikahan kerajaan di seluruh dunia.


Selama lebih dari 100 tahun, para tsar Rusia memilih pengantin mereka dalam pelaksanaan yang benar-benar mirip dengan acara TV The Bachelor.

Dari tahun 1505 sampai 1689, para istri penguasa Muscovy (yang kemudian disebut Rusia) dipilih melalui "pertunjukan calon pengantin" dimana para wanita muda yang memenuhi syarat dikumpulkan, diperiksa, dan hasilnya satu di antaranya akan dipilih sebagai mempelai wanita kerajaan. Proses ini terjadi karena beberapa alasan. Di antaranya adalah keluarga kerajaan di Eropa yang tidak mau mengirim anak perempuan mereka ke negeri yang jauh.


Ratu Victoria di Inggris merupakan tokoh pertama yang mengawali tradisi bagi mempelai wanita untuk mengenakan gaun pengantin putih.

Saat Ratu Victoria menikah dengan Pangeran Albert dari Saxe-Coburg dan Gotha pada 10 Februari 1840, dirinya memicu terjadinya revolusi fashion pengantin. Revolusi yang dimaksud adalah peristiwa awal mula ditinggalkannya gaun-gaun pengantin penuh warna yang telah menjadi popularitas di berbagai kalangan pengantin wanita dikala itu. Hal ini dapat terjadi dikarenakan gaun satin sutra putih dengan pinggiran berenda dan disulam dengan bunga-bunga oranye yang dikenakan Ratu Victoria pada saat dirinya menikah. Citra ratu yang muda, polos, dan anggun dalam gaun serba putihnya pada saat itu pun disebarkan secara luas oleh media cetak yang berkembang dan melekat pada pikiran public hingga saat ini.


Ratu Elizabeth II dahulu menggunakan kupon ransum baju untuk membayar gaun pengantin yang dikenakannya dikala menikah dengan Philip Mountbatten di Inggris pada tahun 1947.

Dikala Putri Elizabeth menikah dengan Philip Mountbatten pada 20 November 1947, Inggris masih dalam kondisi pasca-Perang Dunia II sehingga masih harus melakukan langkah-langkah penghematan. Pada saat itu, langkah penghematan yang dilakukan adalah dengan diberikannya buku kupon dengan jumlah kupon tertentu menurut umur mereka dan faktor lainnya kepada setiap warga Inggris, seperti anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang, maka akan diberikan lebih banyak kupon. Untuk membeli kain atau baju baru, orang harus mengaplikasikan kupon ransum baju. Bahkan Putri Elizabeth sendiri menyimpan kuponnya untuk membeli sutra gading dan bahan-bahan lain yang diperlukan oleh penjahit istana Sir Norman Hartnell untuk membuat gaun pernikahannya. Namun tentunya, menjadi seorang putri dan pewaris tahta mempunyai keistimewaan dimana pemerintah Inggris memberinya tambahan 200 kupon untuk gaun pengantinnya.


Satu di antara pernikahan kerajaan terbesar di dunia yaitu Raja Letsie III dan Anna Karabo Motšoeneng dari Lesotho pada 2000.

Raja Letsie III menikahi Karabo Motšoeneng dari Afrika Selatan, dengan upacara Katolik yang diadakan di stadion olahraga nasional pada 18 Februari 2000. Upacara yang dilakukan di stadion sepak bola nasional negara itu pun dipenuhi sebanyak 40.000 penonton. Karabo Motšoeneng sendiri adalah rakyat jelata pertama yang menikah dengan keluarga kerajaan Lesotho sebelum akhirnya diketahui sebagai Ratu 'Masenate Mohato Seeiso. Pernikahan mereka dilaporkan menghabiskan tarif lebih dari 1.5 juta dolar AS pada saat itu, yang akhirnya dijadikan sebagai salah satu pernikahan kerajaan terbesar di dunia.
 

Itulah 4 dari 8 fakta menarik dari pernikahan kerajaan di seluruh dunia. Dalam melaksanakan pernikahan, baik Anda maupun anggota kerajaan tentunya memerlukan cincin kawin atau cincin nikah sebagai simbol pengikat. Untuk itu, bagi Anda yang membutuhkan cincin kawin atau cincin nikah, maka Anda dapat memperolehnya melalui Passion Jewelry. Passion Jewelry adalah sebuah butik perhiasan pertama di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Tidak hanya itu, Passion Jewelry juga menyediakan informasi terbaru terkait harga cincin tunangan dan harga cincin pernikahan terlengkap. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Passion Jewelry di passionjewelry.co.id.


 

The First Indonesia OMNI Channel Jewelry Boutique,

All Item Ready Stock

Back to Top