Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Gempa Bumi Cianjur, Tips Atasi Gempa Hari Ini

Gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022, tepatnya pukul 13.21 WIB mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, luka-luka, kerusakan bangunan, dan gerakan tanah di wilayah Kabupaten Cianjur. Hingga Kamis, 8 Desember 2022 total korban meninggal dunia gempa terkini Cianjur 334 orang.

Menurut Badan Geologi dan sumber lainnya, gempa beberapa menit yang lalu Cianjur mengakibatkan kerusakan paling parah terjadi di daerah yang disusun oleh endapan breksi dan lahar Gunung Gede. Secara morfologi, daerah yang mengalami kerusakan pada umumnya adalah daerah dengan morfologi perbukitan bergelombang. Kerusakan parah terjadi di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Warungkondang, dan Gekbrong.

Sementara di Kampung Kadudampit, Desa Ranca goong, Kecamatan Cilaku banyak bangunan bertingkat 2-3 yang mengalami kerusakan berat bahkan satu bangunan minimarket roboh total.

Selain kerusakan bangunan, guncangan gempa juga memicu terjadinya Gerakan tanah. Gerakan tanah terbesar yang dipicu oleh gempa ini berlokasi di Desa Cijedil hingga menalan korban jiwa lebih dari 30 orang. Di Desa Sarampad, tepatnya di kampung Cisarua, guncangan gempa bumi juga mengakibatkan terjadinya Gerakan tanah dengan dimensi panjang 70 m, lebar 70 m, tinggi 2 m dan luas area 3.400 m2.

Menurut BMKG, lokasi pusat gempa bumi terletak di darat pada koordinat 107,05 BT dan 6,84 LS, berjarak sekitar 9,65 km barat daya Kota Cianjur atau 16,8 km timur laut kota Sukabumi, dengan magnitude M5,6 pada kedalaman 10 km. Karena magnitudo tidak terlalu besar, gempa bumi ini tidak menyebabkan pematahan yang menerus hingga permukaan (surface rupture).

Namun demikian bagian patahan yang bergerak (rupture area) dapat diperkirakan dari area tempat berkumpulnya episenter gempa utama dan gempa susulan. Area ini memanjang dengan arah barat daya - timur laut, mulai dari Warungkondang hingga Karang Tengah, sepanjang kurang lebih 12 km dan lebar 8 km.

Untuk memberi semangat dan kebesaran hati para korban atas gempa Cianjur, PT Passion Abadi Korpora turun tangan membantu mereka saat evakuasi. Selain itu, PT Passion Abadi Korpora juga memberikan bantuan berupa sembako, selimut, handuk, serta baju-baju layak pakai. Ada 150 sembako dan dua karung besar baju untuk didonasikan kepada pada korban gempa bumi Cianjur.

Adapun tips mengatasi gempa hari ini:

Langkah pertama

Masyarakat disarankan tetap waspada dengan adanya gempa bumi susulan. Gempa bumi susulan yang terjadi dan dapat dirasakan akan semakin kecil energinya. Bagi penduduk yang terkena dampak gempa dengan rumah mengalami kerusakan agar mengungsi ke tempat aman sesuai arahan petugas.

Langkah kedua

Masyarakat dihimbau tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemerintah setempat, serta tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak bertanggunga jawab mengenai kejadian gempa bumi dan tsunami.

Langkah ketiga

Hindari membangun pada endapan yang lunak dan tanah urug yang tidak memenuhi syarat teknis, karena kondisi ini rawan terhadap guncangan gempa. Perlu diingat juga hindari membangun pada bagian bawah, tengah, dan atas lereng terjal yang mengalami pelapukan karena akan berpotensi terjadi gerakan tanah/longsor apabila ada guncangan gempa.

Kerusakan bangunan yang terjadi, selain karena faktor guncangan yang kuat sebagai dampak dari dekatnya dengan sumber gempa bumi dan kondisi tanah permukaan yang lunak, dipengaruhi juga oleh kualitas bangunan yang tidak tahan gempa bumi. Mengingat daerah bencana termasuk ke dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gempa Bumi Tinggi yang berpotensi terlanda guncangan gempa bumi dengan intensitas lebih dari VIII MMI (Modified Mercalli Intensity), bangunan yang mengalami kerusakan, khususnya bangunan vital, strategis dan mengundang konsentrasi banyak orang (perkantoran, tempat ibadah, sekolah, dll) harus dibangun kembali dengan mengikuti konstruksi kaidah bangunan tahan gempa bumi sesuai SNI 1726:2019.

Sesar penyebab gempa bumi Cianjur 21 November 2022 belum terdefinisikan dan masih memerlukan kajian lapangan lebih rinci. Sebagai upaya mitigasi, bangunan yang berada pada dan dekat dengan garis sesar yang dipetakan secara regional harus dibangun dengan mengikuti kaidah bangunan tahan gempa bumi.

 

Subscribe our newsletter

Jadilah yang pertama mengetahui informasi perhiasan berlian terkini dan penawaran spesial dari kami.